Educaniora: Journal of Education and Humanities
Vol. 1 No. 2 (2023): July

Partikel sebagai Pemarkah Wacana Fatis dalam Podcast @Kasisolusi

Vicno Triwira Dhika JR (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Pemarkah wacana merupakan penanda wacana. Penanda wacana yang dimaksud dapat berupa kata dan frasa. Misalnya dalam penggunaan partikel nah, oh, dan ya, partikel ini tidak hanya sekedar mengucapkan kata-kata, tetapi juga mengandung makna yang tersirat dalam tuturan partikel tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pemarkah wacana berupa partikel yang terdapat dalam Podcast @Kasisolusi. Penelitian ini hanya meneliti terkait partikel apa saja yang terdapat di dalam Podcast @Kasisolusi yang tergolong ke dalam pemarkah wacana. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik simak bebas libat cakap, dan teknik lanjutan berupa teknik dokumentasi. Teknik lanjutan dokumentasi digunakan untuk melihat penggunaan bahasa yang berasal dari dokumen video yang ada di channel Youtube. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik agih. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan 38 data pemarkah wacana yang berbentuk partikel pada tuturan pembawa acara yang bernama Deryansha dan narasumber yang bernama Ustad Harits Abu Naufal, dalam video yang berjudul Benarkah Muslim yang Sibuk Berbisnis Disebut Cinta Dunia pada Podcast @Kasisolusi. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa kategori fatis yang dominan digunakan dalam video Benarkah Muslim yang Sibuk Berbisnis Disebut Cinta Dunia pada Podcast @Kasisolusi ialah kategori fatis berbentuk partikel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ec

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This interdisciplinary journal focuses on the exchange of research results in education and humanities. Educaniora aims to bridge the gap between pure academic research journals and more practical publications. Fields of interest include, but are not limited to: 1. Indonesian Language Education; 2. ...