Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
Vol 3, No 3 (2023): Edisi Juli

Pengembangan Website Bimbingan Tugas Akhir di Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM

Siska Handayani (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebutuhan, desain, serta tingkat validitas dan kepraktisan website bimbingan tugas akhir di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan model 4d (define, design, development, disseminate). Tingkat kebutuhan website ini berada pada sangat dibutuhkan. Website yang dikembangankan mengacu pada Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi media dan desain, angket validasi isi/materi, angket respon mahasiswa, serta angket tanggapan dosen pembimbing tugas akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media dan desain serta validasi isi/materi berada pada kualifikasi baik. Uji coba kepraktisan yang dilakukan terhadap mahasiswa dan dosen pembimbing tugas akhir berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa website bimbingan tugas akhir yang dikembangkan valid dan praktis digunakan pada proses bimbingan tugas akhir dan dapat digunakan dalam jangka panjang meskipun sudah tidak dalam kondisi pandemi covid-19.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JETCLC

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang ...