cover
Contact Name
Citra Rosalyn Anwar
Contact Email
citra.rosalyn.anwar@unm.ac.id
Phone
+6281355204622
Journal Mail Official
jetclc@unm.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Jalan tamalate 1 Tidung kota Makassar
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
ISSN : 28088050     EISSN : 27748405     DOI : https://doi.org/10.26858/jetclc
Core Subject : Education,
JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang Teknologi Pendidikan, Kurikulum, Pembelajaran ,dan Komunikasi. Ruang lingkup artikel lapangan yang dimuat dalam jurnal ini menyajikan hasil penelitian kualitatif, kuantitatif, penelitian dan pengembangan pada topik tertentu dan terkait dengan teknologi pendidikan, kurikulum, pembelajaran dan komunikasi di Indonesia. Artikel-artikel dalam buku ini memenuhi struktur yang berisi pendahuluan, metode, hasil pembahasan, kesimpulan, dan referensi. Bibliografi artikel ini mengikuti gaya APA (American Psychological Association). JETCLC dalam publikasinya hanya menerbitkan artikel yang belum pernah dilihat sebelumnya. Semua naskah yang dikirimkan akan melalui proses peer-review. Artikel dibaca oleh peninjau (berdasarkan bidang spesialisasi) serta editor dan akan disaring oleh redaktur pelaksana untuk memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.
Articles 52 Documents
Film Edukasi Silariang bagi Remaja di Dusun Palambuta Kabupaten Jeneponto Armin Super
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i2.30913

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan tingkat kebutuhan media film pendidikan karakter sebagai edukasi silariang terhadap remaja di dusun Palambuta kabupaten Jeneponto, Mengembangkan media film pendidikan karakter edukasi silariang terhadap remaja agar terhindar dari dampak buruk kawin lari. Menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan media film pendidikan karakter sebagai edukasi silariang terhadap remaja di dusun Palambuta. Penelitian ini akan merancang suatu produk film pendidikan karakter sebagai media edukasi silariang bagi remaja di dusun palambuta. Model pengembangan dalam penelitian ini dikembangkan oleh Borg & Gall. Kebutuhan peneliti menjadi empat langkah penelitian, yaitu: Pengumpulan informasi, Perencanaan, Pengembangan bentuk awal produk dan Uji lapangan, revisi dan produk akhir. tingkat analisis dari kebutuhan pendidikan kerakter para remaja dusun Palambuta di Kabupaten  membutuhkan sebuah media film pendidikan karakter. Produk media film pendidikan karakter diyakini mampu membantu dalam mengedukasi tentang dampak buruk kawin lari. Selain itu, media film pendidikan karakter akan lebih menarik perhatian remaja jika di tampilkan dalam bentuk film fiksi bergendre drama. Kata kunci: pendidikan karakter, siri’, film
Pengembangan Website Bimbingan Tugas Akhir di Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNM Siska Handayani
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 3 (2023): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i3.36990

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebutuhan, desain, serta tingkat validitas dan kepraktisan website bimbingan tugas akhir di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan model 4d (define, design, development, disseminate). Tingkat kebutuhan website ini berada pada sangat dibutuhkan. Website yang dikembangankan mengacu pada Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan, angket validasi media dan desain, angket validasi isi/materi, angket respon mahasiswa, serta angket tanggapan dosen pembimbing tugas akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media dan desain serta validasi isi/materi berada pada kualifikasi baik. Uji coba kepraktisan yang dilakukan terhadap mahasiswa dan dosen pembimbing tugas akhir berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa website bimbingan tugas akhir yang dikembangkan valid dan praktis digunakan pada proses bimbingan tugas akhir dan dapat digunakan dalam jangka panjang meskipun sudah tidak dalam kondisi pandemi covid-19.
Pengaruh Workshop Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Kompeteni Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Muh. Afandy Gunawan Lahami
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i1.17183

Abstract

The purpose of this research is to describe the implementation of instructional media workshops, describe the competence of teachers in developing presentation media, and find out whether there is an effect of instructional media workshops on increasing teacher competence in developing learning media at SMP Negeri 18 Makassar. The approach used is descriptive qualitative research, while the type of research used in this research is descriptive qualitative, referring to the correlation study (relationship). The data analysis used descriptive analysis and inferential statistical analysis. The results of this study indicate that the implementation of the instructional media workshop shows very effective results based on the observations of the instructor and training participants. The pretest and posttest results showed that there were significant differences. This also answers the hypothesis H1 = There is an Effect of Learning Media Workshop on Increasing Teacher Competence in Developing Learning Media at SMP Negeri 18 Makassar. Keywords: Education and training, Teacher, Learning Media,Teacher Competence
PENGEMBANGAN BUKU CERITA INSPIRATIF PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL 3S (SIPAKAINGE’, SIPAKALEBBI’, SIPAKATAU) UNTUK MAHASISWA JURUSAN TP FIP UNM Darmawan Darmawan; Arnidah Arnidah; Nurhikmah H Nurhikmah H
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 4 (2021): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i4.23961

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai dalam pengembangan Buku Cerita Inspiratif Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal 3S, mendesain buku digital Cerita Inspiratif sebagai program penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal 3S, menganalisis tingkat validitas dan kepraktisan buku Cerita Inspiratif sebagai program penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal 3S (Sipakainge’, Sipakalebbi’, Sipakatau) untuk Mahasiswa Jurusan TP FIP UNM. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif Kualitatif, dan Analisis Statistik Deskriptif. Hasil penilitian menunjukkan dari analisis kebutuhan dari nilai-nilai buku cerita inspiratif 3S penguatan pendidikan karakter untuk mahasiswa, menunjukan bahwa buku digital cerita inspiratif baik untuk dikembangkan sebagai pedoman materi pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di UNM. Dari hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa buku cerita yang dikembangkan sesuai kebutuhan mahasiswa. Buku Cerita Inspiratif Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal 3S Untuk Mahasiswa dikatakan valid dan praktis berdasarkan hasil validasi media/desain pembelajaran yang mendapat persentase dengan kualifikasi sangat baik dan dari hasil validasi isi/materi mendapatkan kualifikasi baik. Dikatakan praktis berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, rerata persentase buku digital cerita inspiratif berada pada kualifikasi sangat baik.
Pengembangan Media Animasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Nabiilah Nabiilah
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 3, No 1 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v3i1.37238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kebutuhan media animasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan menggunakan model ADDIE dan mendesain produk media animasi serta mengukur tingkat kevalidan dan kepraktisan produk media animasi yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di SMPN 48 Makassar dengan subjek siswa yang berjumlah 20 peserta dan 1 guru Bahasa Indonesia. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli, angket uji coba, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Metode analisis data terdiri atas analisis deskriptif kualitatif dan analisis statik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: analisis kebutuhan media animasi berada pada tingkatan cukup dibutuhkan; kelayakan produk berdasarkan validasi ahli dengan hasil sangat baik, uji coba respon peserta didik dengan hasil baik, dan tanggapan guru dengan hasil berada pada kategori sangat baik. Media animasi yang dikembangkan menggunakan aplikasi sparkol videoscribe didukung penggunaan aplikasi editing audio untuk backsound suara pendukung berdurasi 3-4 menit, materi tentang teks deskripsi, didukung media audio, teks, dan gambar, media audio visual yang dikembangkan sudah valid dan praktis.
Evaluasi Program Pembelajaran Ekonomi Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid Di SMAN 2 Salatiga Irna Eltri Samoling; Bambang Ismanto; Lelahester Rina
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 3 (2021): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i3.21618

Abstract

Mengingat kondisi saat ini yang tidak mendukung untuk pembelajaran secara langsung, maka kegiatan tersebut harus dilakukan, maka dari itu sekolah mendefinisikan pembelajaran online (dalam jaringan). E-learning merupakan sarana teknologi dengan menggunakan internet yang tidak langsung tetapi menggunakan media elektronik yang memudahkan peserta didik untuk belajar kapan saja atau di mana saja. E-learning merupakan pengalaman baru bagi pendidik dan peserta didik khususnya dalam pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pembelajaran online yang dilakukan dengan menggunakan model konteks, masukan, proses, dan produk. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Jenis penelitian ini adalah model analisis deskriptif yang menggambarkan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, Jenis observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah partisipasi pasif. Observasi partisipatif pasif dilakukan dengan observasi tetapi tidak berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Wawancara, jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara terstruktur. Dokumentasi yang digunakan untuk mempelajari data yang telah dikumpulkan. 
Analisis Kebutuhan Sex Education untuk Sekolah Dasar di Makassar Rini Aryani
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 4 (2022): Edisi Oktober
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i4.36431

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar sex education di SD Negeri di Makassar. Penelitian ini adalah penenlitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh data kebutuhan bahan ajar sex education untuk sekolah dasar di Makassar. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar peserta didik mengetahui area pribadi yang harus dilindungi dan bagaimana berinteraksi jika bertemu dengan orang yang tidak mereka kenal. Akan tetapi, disisi lain beberapa peserta didik tidak mengetahui area pribadi yang harus dilindungi bahkan sebagian besar peserta didik menganggap bahwa mereka boleh menyentuh area pribadi orang lain. Pemahaman yang keliru tersebut dapat menjadikan anak rentan menjadi korban bahkan pelaku kekerasan seksual. Hasil penelitian tersebut menunjukkan pentingnya media pembelajaran sex education yang tepat untuk digunakan okeh anak usia sekolah dasar sesuai dengan minat dan kebutuhan usianya.
Implementasi Group Chat Media Sosial Mata Kuliah Project Program Studi Teknologi Pendidikan T.A 2018/2019 Universitas Negeri Makassar Reski Amelia
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 1, No 2 (2021): Edisi April
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v1i2.15977

Abstract

Pendidikan jarak jauh melibatkan media komunikasi dalam proses pembelajaran. Pendidik harus mampu memahami berbagai media yang dapat digunakan sebagai proses pendidikan dan pembelajaran. Hal ini membuat segala bentuk media komunikasi dapat digunakan sebagai media pendidikan. Whatsapp Messenger merupakan salah satu media yang paling populer, banyak digunakan dan memiliki banyak fasilitas yang dapat digunakan sebagai media komunikasi pendidikan. Jurnal ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Whatsapp Messenger digunakan sebagai media komunikasi virtual dan edukatif untuk mata kuliah berbasis proyek di Program Studi Pendidikan Teknologi Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Makassar.Jurnal ini menggunakan pendekatan studi kasus pada mata kuliah Seminar Nasional dan Pameran Pendidikan. Data diperoleh dengan wawancara mendalam terhadap enam (6) mahasiswa yang dipilih secara purposive. Pengamatan dilakukan pada kelompok Whatsapp, kelas tatap muka dan pada seminar dan pameran. Artikel ini menghasilkan gambaran umum proses perkuliahan, diskusi dan interaksi melalui grup WhatsApp di kedua kelas. Whatsaap sebagai media komunikasi pendidikan memenuhi empat fungsi yaitu; a) menjelaskan, b) menjual ide c) belajar dan d) secara administratif. Temuan lainnya adalah kelemahan dan kelebihan menggunakan Whatsappgroup sebagai media komunikasi pendidikan.Kata kunci s: Whatsapp; Komunikasi; Pendidikan; Kelas virtual; Teknologi
Digital Parenting: Mendidik Anak Gen Alpha Bagi Orang Tua Milenial Putri Ramadani; Andi Ummul Khaerat; Nur Isnaeni Darwis
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 3 (2022): Edisi Juli
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i3.34768

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenali, memahami, sekaligus menganalisis bagaimana pemberian literasi digital pada orang tua dan memberikan gambaran dampak dari era digital terhadap kesehatan mental anak. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada studi kepustakaan atau literatur review. Adapun tahapan prosedur penelitian ini, yakni: melakukan studi literatur yang dapat mendukung penelitian terkait pemberian literasi digital pada orang tua dan dampak dari era digital terhadap kesehatan mental anak. Artikel ini menganalisis pola pengasuhan digital yang baik untuk orang tua milenial lakukan kepada anak-anak generasi alpha sehingga memberikan batasan yang jelas kepada anak tentang hal-hal yang boleh dilakukan pada saat menggunakan perangkat digital agar tetap menjaga kesehatan mental anak. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pentingnya pola asuh orang tua di dunia digital (digital parenting) yang sangat diperlukan oleh orang tua milenial dalam proses pengasuhan digital anak generasi Alpha, sehingga orang tua dapat tetap menjaga kesehatan mental anak di era perkembangan teknologi ini.Kata Kunci: literasi, digital, orang tua, kesehatan mental
Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare Sulfah Muhtar; Nurhikmah H Nurhikmah H; Pattaufi Pattaufi
JOURNAL OF EDUCATIONAL TECHNOLOGY, CURRICULUM, LEARNING AND COMMUNICATION Vol 2, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/jetclc.v2i1.25566

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Designs (Non-design) yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Parepare. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga memperoleh sampel sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi terdiri dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Tes terdiri dari pre-test yang diberikan sebelum pelaksanaan pembelajaran daring dan post-test yang diberikan setelah pelaksanaan pembelajaran daring. Dokumentasi sebagai data pendukung pada penelitian. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan non parametrik wilcoxon signed ranks test (Z). Berdasarkan hasil uji non parametrik wilcoxone signed ranks test (Z) yang diolah menggunakan SPSS 22 for windows diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare setelah pelaksanaan pembelajaran daring lebih tinggi dibanding sebelum pelaksanaan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Parepare.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar