Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kebutuhan media animasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan menggunakan model ADDIE dan mendesain produk media animasi serta mengukur tingkat kevalidan dan kepraktisan produk media animasi yang dikembangkan. Penelitian dilakukan di SMPN 48 Makassar dengan subjek siswa yang berjumlah 20 peserta dan 1 guru Bahasa Indonesia. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket identifikasi kebutuhan, angket validasi ahli, angket uji coba, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Metode analisis data terdiri atas analisis deskriptif kualitatif dan analisis statik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: analisis kebutuhan media animasi berada pada tingkatan cukup dibutuhkan; kelayakan produk berdasarkan validasi ahli dengan hasil sangat baik, uji coba respon peserta didik dengan hasil baik, dan tanggapan guru dengan hasil berada pada kategori sangat baik. Media animasi yang dikembangkan menggunakan aplikasi sparkol videoscribe didukung penggunaan aplikasi editing audio untuk backsound suara pendukung berdurasi 3-4 menit, materi tentang teks deskripsi, didukung media audio, teks, dan gambar, media audio visual yang dikembangkan sudah valid dan praktis.
Copyrights © 2023