Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar sex education di SD Negeri di Makassar. Penelitian ini adalah penenlitian kualitatif dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memperoleh data kebutuhan bahan ajar sex education untuk sekolah dasar di Makassar. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan guru sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar peserta didik mengetahui area pribadi yang harus dilindungi dan bagaimana berinteraksi jika bertemu dengan orang yang tidak mereka kenal. Akan tetapi, disisi lain beberapa peserta didik tidak mengetahui area pribadi yang harus dilindungi bahkan sebagian besar peserta didik menganggap bahwa mereka boleh menyentuh area pribadi orang lain. Pemahaman yang keliru tersebut dapat menjadikan anak rentan menjadi korban bahkan pelaku kekerasan seksual. Hasil penelitian tersebut menunjukkan pentingnya media pembelajaran sex education yang tepat untuk digunakan okeh anak usia sekolah dasar sesuai dengan minat dan kebutuhan usianya.
Copyrights © 2022