Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication
Vol 2, No 3 (2022): Edisi Juli

Hubungan Motivasi Membaca dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Tidung Kota Makassar

Nur Nurabidah Nurabidah (Universitas negeri makassar)
Saharullah Saharullah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen yang bertujuan (1) mengetahui gambaran motivasi membaca siswa kelas V SD Negeri Tidung (2) untuk mengetahui gambaran kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Tidung (3) bertujuan mengetahui hubungan motivasi membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Tidung. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi membaca, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV, V dan VI sebanyak 150 siswa. Sampelnya yaitu, kelas V dengan kuantitas 37 siswa dengan metode pengambilan sampel non probability sampling jenis purposive sampling. Adapun hasilnya menunjukkan minat baca siswa kelas V di SD Negeri Tidung berada pada rentang sedang dengan persentase sebesar 41%. Adapun kemampuan membaca pemahamannya siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 43%. Serta diperoleh nilai sig antara kedua variabel tersebut yaitu 0,000< 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang positif antara motivasi membaca dengan kompetensi membaca pemahaman siswa kelas V SDN Tidung Makassar. Kata Kunci: motivasi membaca, kompetensi membaca pemahaman

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JETCLC

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JETCLC (Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication) adalah jurnal yang memuat tulisan-tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan implementasi kajian dan praktik etis untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja di bidang ...