Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga mengalami dampak yang sangat besar, semua pengusaha UMKM mau tisak mau harus menyesuaikan pemasaran produknya dengan menggunakan teknologi yang sangat maju sekarang, misalnya pemasaran digital, pemasaran melalui media social, pemasaran online, dan sebagainya. pelaku UMKM dituntut agar lebih kreatif dan inovatif mulai dari menciptakan produk sampai dengan memasarkannya, untuk itulah dibutuhkan strategi pemasran yang efektif dan ampuh. Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan Pemasaran Online UMKM. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa luaran (outcomes), yaitu Pedagang Kecil atau Mitra UMKM mampu memahami pentingnya Pemasaran Online UMKM. mampu memahami tujuan dan manfaat Pemasaran Online UMKM, mampu memahami kelebihan dan kekurangan Pemasaran Online, mampu memahami jenis dan perangkat Pemasaran Online, dan mampu memahami proses dan strategi Pemasaran Online. Penyuluhan ini dilakukan dengan metode ceramah dimana peserta diberikan penjelasan baik secara teori dan ilustrasi yang relevan dengan topik. Terdapat perbedaan kemampuan rata-rata peserta penyuluhan sebelum dan sesudah penyuluhan. Sebelum mengikuti penyuluhan rata-rata kemampuan peserta sebesar 26.6667, sedangkan sesudah penyuluhan rata-rata kemampuan peserta naik menjadi 39.5333, artinya terjadi peningkatan kemampuan rata-rata peserta sebesar 12.8666. Terdapat hubungan yang kuat (r=0,812) antara kemampuan peserta sebelum dengan sesudah penyuluhan,dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terjadi hubungan yang kuat dan signifikan antara kemampuan peserta sebelum dan sesudah penyuluhan
Copyrights © 2022