Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2023): January-April 2023

Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Model Pembelajaran Simulasi Berbasis TIK

Deni Indrawan (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)
Tria Marvida (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2023

Abstract

Sebagai guru profesional, sangat dibutuhkan memiliki kemampuan menguasai teknologi. Kompetensi guru dalam penelitian ini mengacu pada kompetensi secara pedagogik dalam menggunakan TIK pada kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan model pembelajaran berbasis TIK berbasisi simulasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan disekolah SD Negeri Lam Geu Eu dengan sampel penelitian berjumlah 6 orang. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan model Miles dan Huberman dengan tahap reduksi data, display data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan model simulasi berbasis TIK di SD Negeri Lam Geu Eu sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari guru yang telah menerapkan model simulasi berbasis TIK kedalam pembelajaran, menyesuaikan model simulasi berbasis TIK dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran dan karakteristik anak. Kemudian untuk mendukung penerapan model tersebut guru sudah mampu untuk menggunakan fasilitas berbasis TIK seperti computer, speakers, dan mengakses langsung media lainnya dari internet. Implikasi perkembangan teknologi pada dunia pendidikan telah menyebabkan perubahan dalam kegiatan belajar mengajar, sumber belajar dan teknologi pembelajaran. Beberapa faktor yang mempengaruhi transformasi belajar mengajar, misalnya. proses transmisi data, ketersediaan sarana informasi dan komunikasi dan perkembangan teknologi digital

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educative

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan is a peer-reviewed international journal which is published three times a year (April, August, December) in English under the responsibility of the science board. For more information about the journal, please visit: ...