Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan
Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Marketplace di Bekasi

Nanda Syahtidar (Universitas Negeri Jakarta)
Suherman (Universitas Negeri Jakarta)
M. Edo Suryawan (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, word of mouth, dan iklan terhadap keputusan pembelian pengguna Shopee. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei dengan purposive sampling secara skala likert. Objek penelitian ini adalah 200 responden yang merupakan pengguna Shopee di Bekasi. Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 24 dan SEM (Structural Equation Modelling) AMOS versi 24 untuk analisis data. Nilai fitted model dengan probability level sebesar 0,525, nilai CMIN/DF sebesar 0,988, nilai GFI sebesar 0,928, nilai AGFI sebesar 0,907, nilai RMSEA sebesar 0,000, nilai TLI sebesar 1,001, dan nilai CFI sebesar 1.000. Hasil hipotesis menunjukkan: (1) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (3) word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. keputusan pembelian, (4) iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbmk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

an open-access journal that provides a forum for publishing empirical research, literature review, or conceptual paper related to business, management, and finance. It focused on the development of theory in management science by applying new methods, techniques, and ...