Business and Economic Publication
Vol 1 No 1: Business and Economic Publication

Dampak E-WOM terhadap Pembeli Shopee Jombang

Mochamad Alfianata Pradana (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-WOM (Word-of-Mouth elektronic) terhadap keputusan pembelian masyarakat Jombang yang menggunakan platform Shopee. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah survei melalui kuesioner yang didistribusikan kepada masyarakat Jombang yang telah melakukan pembelian melalui Shopee. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa e-wom memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian masyarakat Jombang di Shopee. Dengan kata lain, ulasan dan rekomendasi dari pengguna Shopee lainnya dapat mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat Jombang. Semakin positif dan meyakinkan e-wom yang diterima oleh individu, semakin besar kemungkinan individu tersebut untuk melakukan pembelian di Shopee. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya perusahaan e-commerce untuk mengelola dan memantau e-wom yang ada di platform mereka, serta berupaya menciptakan pengalaman positif bagi pengguna guna meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bep

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Business and Economic Publication has a scope study on the family of management science and business economics with the topic: Marketing management Human resource management Financial management Operational management Development economy Management economics ...