cover
Contact Name
Wisnu Mahendri
Contact Email
fe@unwaha.ac.id
Phone
+6285733144431
Journal Mail Official
bepunwaha@gmail.com
Editorial Address
Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jalan Garuda No. 9 Desa Tambakrejo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Business and Economic Publication
ISSN : -     EISSN : 29887437     DOI : https://doi.org/10.32764/bep.v1i1
Core Subject : Economy,
Business and Economic Publication has a scope study on the family of management science and business economics with the topic: Marketing management Human resource management Financial management Operational management Development economy Management economics Entrepreneurship.
Articles 10 Documents
Pengaruh Dimensi Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Ms Glow Pada Pengguna Media Sosial Instagram Nella Nur Nasyatul Aslina Ahmad; Wisnu Mahendri; Ita Rahmawati
Business and Economic Publication Vol 1 No 1: Business and Economic Publication
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32764/bep.v1i1.933

Abstract

Kegiatan pemasaran yang bertujuan menawarkan produk atau jasa, terkadang menggunakan tokoh terkenal. Celebrity endoser digunakan untuk menarik perhatian khalayak serta diharapkan mampu meningkatkan minat beli produk. Pemasar mengharapkan persepsi konsumen terhadap produk akan berubah dengan adanya penggunaan endorser, karena dapat memberikan asosiasi positif terhadap produk. Implikasi dalam pemasaran adalah peluang konsumen berminat untuk membeli produk yang ditawarkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser yang terdiri dari daya tarik, kepercayaan dan keahlian dalam mempengaruhi minat beli konsumen terhadap suatu produk. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Universitas KH A Wahab Hasbullah. Metode pengambilan sampel dengan cara mengumpulkan data dan diperoleh sebanyak 100 responden. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel daya tarik, kepercayaan serta keahlian mampu mempengaruhi minat beli konsumen pada produk MS Glow. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif melalui desain penelitian deskriptif, data yang dikumpulkan melalui survei online. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukan bahwa daya tarik, kepercayaan dan keahlian secara signifikan mempengaruhi minat beli pada pengguna sosial media Instagram.
Analisis Pengaruh Pengelolaan Zakat Dan Wakaf Produktif Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Studi Kasus Di Lazisnu Jombang) Mohammad Fahassin Khuluqi; Akhmad Taqiyuddin
Business and Economic Publication Vol 1 No 1: Business and Economic Publication
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32764/bep.v1i1.969

Abstract

Pembangunan ekonomi nasional adalah suatu keharusan jika suatu negara ingin meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyatnya terutama usaha mikro yang terus meningkat belum diikuti dengan peningkatan kualitas usaha mikro yang merata. sektor UMKM memiliki berbagai masalah, yaitu keterbatasan akses modal kerja maupun investasi, kesulitan dalam pemasaran, distribusi dan pengadaan bahan baku, kualitas SDM yang rendah keterbatasan akses informasi mengenai peluang pasar, biaya transportasi tinggi, birokrasi yang kompleks, dan kebijaksanaan ekonomi yang belum jelas arahnya. Sifat unbankable usaha mikro inilah yang memunculkan semacam Lembaga Keuangan Mikro (LKM), Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Lembaga Amil Zakat (LAZ), Badan Wakaf Indonesia (BWI) ataupun Badan Amil Zakat (BAZ) sebagai lembaga-lembaga finansial mikro yang menyalurkan dana zakat dan wakaf produktif dalam bentuk modal. Penelitian ini hanya terbatas pada akibat distribusi dana zakat dan wakaf produktif kepada perkembangan usaha mustahik dan menganalisa apakah terdapat perbandingan pemasaran saat sebelum serta setelah memperoleh dana zakat dan wakaf produktif, populasi pada penelitian ini berjumlah 100 sampel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pengelolaan zakat dan wakaf produktif terhadap pelaku usaha UMKM di Kabupaten Jombang setelah menerima zakat dan wakaf produktif dari LAZISNU Kabupaten Jombang
Loyalitas Pelanggan Scarlett Whitening di Pondok Pesantren Denanyar, Jombang: Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Anis Listiani
Business and Economic Publication Vol 1 No 1: Business and Economic Publication
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32764/bep.v1i1.970

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kualitas produk dan kepuasan konsumen diidentifikasi sebagai faktor yang mungkin memengaruhi tingkat loyalitas konsumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan data primer dan menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. berdasarkan dari hasil pengujian t hitung yang telah didapatkan pada variabel kualitas produk mendapat skor 4,531 yang mana lebih besar dari 0,1975 yang merupakan t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y). Berdasarkan dari hasil pengujian t hitung yang telah didapatkan pada variabel kepuasan konsumen mendapat skor 9,541 yang mana lebih besar dari 0,1975 yang merupakan t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya kepuasan konsumen (X2) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kosumen (Y).
Dampak E-WOM terhadap Pembeli Shopee Jombang Mochamad Alfianata Pradana
Business and Economic Publication Vol 1 No 1: Business and Economic Publication
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32764/bep.v1i1.971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-WOM (Word-of-Mouth elektronic) terhadap keputusan pembelian masyarakat Jombang yang menggunakan platform Shopee. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah survei melalui kuesioner yang didistribusikan kepada masyarakat Jombang yang telah melakukan pembelian melalui Shopee. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa e-wom memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian masyarakat Jombang di Shopee. Dengan kata lain, ulasan dan rekomendasi dari pengguna Shopee lainnya dapat mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat Jombang. Semakin positif dan meyakinkan e-wom yang diterima oleh individu, semakin besar kemungkinan individu tersebut untuk melakukan pembelian di Shopee. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya perusahaan e-commerce untuk mengelola dan memantau e-wom yang ada di platform mereka, serta berupaya menciptakan pengalaman positif bagi pengguna guna meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan.
Keputusan Pembelian : Kualitas Informasi, Harga, Kemudahan Dan Kepercayaan Di Instagram @Ayucitra.Bymonokrom Mar'atul Fahimah; Auliya Akbar Fillah Yanti Z.A
Business and Economic Publication Vol 1 No 1: Business and Economic Publication
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32764/bep.v1i1.972

Abstract

Era digital menyebabkan dunia bisnis berbasis digital mengalami peningkatan sehingga gaya hidup masyarakat ikut mengalami perubahan dalam memenuhi kebutuhannya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, harga, kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian di instagram @ayucitra.bymonokrom. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 follower aktif instagram @ayucitra.bymonokrom yang diperoleh dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan uji analisis regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa secara parsial, kualiatas informasi (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan membandingkan hasil t hitung (3,029) yang lebih besar dari t tabel (1,664), harga tidak berpengaruh (X2) terhadap keputusan pembelian (X2) dengan membandingkan hasil t hitung (-0,521) yang lebih kecil dari t tabel (1,664), kemudahan (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan membandingkan hasil t hitung (2,369) yang lebih besar dari t tabel (1,664), dan kepercayaan (X4) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) dengan membandingkan hasil t hitung (6,554) yang lebih besar dari t tabel (1,664).
Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Al- Bairuny Jombang Akhmad Taqiyuddin; Nur Hidayah
Business and Economic Publication Vol 1 No 2: Business and Economic Publication
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32764/bep.v1i2.990

Abstract

This study aims to determine the effect of Organizational Citizenship Behavior (OCB) and Leadership Style on Teacher Performance at Madrasah Aliyah Al-Bairuny Jombang. The type of research used in this study is a type of quantitative research with associative methods. Source of data used is primary data. The technique used for sampling is Non Probability Sampling and using a saturated sampling technique with a total of 35 respondents. The data collection method uses a Likert Scale model questionnaire. The results showed that Organizational Citizenship Behavior (OCB) had no significant effect on teacher performance. Leadership style has an influence on the performance of MA Al-Bairuny Jombang teachers. The ability of several independent variables to influence the dependent variable is 43.2% and the remaining 56.8% is influenced by other factors outside of this study.Keywords:Organizational Citizenship Behavior (OCB), Leadership Style, Performance.
Pengaruh Harga, Variasi Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian di UD. Wahyu Abadi Elvy Nur Fauziyah; Khotim Fadhli
Business and Economic Publication Vol 1 No 2: Business and Economic Publication
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32764/bep.v1i2.1010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian di UD. Wahyu Abadi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang dipakai yakni uji validitas dan reliabilitas, uji analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (uji-t) dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil pengujian variabel harga secara parsial berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di UD. Wahyu Abadi, dan hasil uji variabel variasi produk secara parsial berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian di UD. Wahyu Abadi. Sementara hasil uji variabel kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di UD. Wahyu Abadi. Secara simultan, variabel harga, variasi produk, dan kualitas layanan secara berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di UD. Wahyu Abadi
Brand Image, Content Marketing dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Tiktok Ayucitra Hijab Mar'atul Fahimah; Sindi Pradita
Business and Economic Publication Vol 1 No 2: Business and Economic Publication
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32764/bep.v1i2.1013

Abstract

Era digital menyebabkan bisnis berbasis internet tumbuh lebih pesat, yang pada gilirannya menyebabkan perubahan dalam cara masyarakat umum menjalani kehidupan dan memenuhi kewajibannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana citra merek, strategi pemasaran, dan ulasan pelanggan online terkait dengan aplikasi hijab tiktok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan 100 responden yang memiliki alamat email valid dan menggunakan teknik purposive sampling. Uji t dan Uji regresi linier berganda merupakan hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat dikatakan bahwa Brand Image (X1) tidak lebih baik dari Minat Beli (Y) dengan membandingkan hasil T Hitung (1,015) dengan hasil T Tabel (1,661), dan Conten Marketing (X2) mempunyai kinerja lebih baik dibandingkan Minat Beli (Y) dengan membandingkan hasil T Hitung (3,521) dengan hasil T Tabel (1,661)
Pengaruh Pelatihan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Komitmen Organisasional Personel Pemadam Kebakaran Kabupaten Jombang Nur Zulaikho Lutfiana; Septian Ragil Anandita; Wisnu Mahendri
Business and Economic Publication Vol 1 No 2: Business and Economic Publication
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32764/bep.v1i2.1020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pelatihan dan keselamatan dan kesehatan kerja (k3) terhadap komitmen organinisasional personel pemadam kebakaran Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada personel damkar yang mana menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik sampling jenuh denagan jumlah 50 responden. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya pelatihan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional personel pemadam kebakaran. Keselamatan dan kesehatan kerja (k3) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional personel pemadam kebakaran. Dengan hasil regresi yang menunjukkan bahwasannya variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 88,3% dan 87,8% yang mana sisanya di pengaruhi oleh faktor-faktor lainnya diluar penelitian.
KEDAI DASARASA: Bagaimana Kualitas Layanan, Lokasi, dan Suasana Mempengaruhi Pelanggan Tetap Fahrezi Usamah; Wisnu Mahendri
Business and Economic Publication Vol 1 No 2: Business and Economic Publication
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32764/bep.v1i2.1046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan store atmosphere terhadap minat beli ulang konsumen di kedai Dasarasa jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu Non-Probability Sampling dengan jumlah 100 responden. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat untuk melakukan pembelian lagi di kedai Dasarasa secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas layanan. Lokasi tidak berpengaruh pada minat beli ulang di kedai Dasarasa. Tidak ada dampak nyata dari suasana kedai pada keinginan untuk membeli dari kedai Dasarasa lagi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10