Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems
Vol. 3 No. 1 (2022): Vol 3, No 1 (2022): May 2022

Pengembangan Aplikasi E-Module Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas Berbasis Android di SMK Negeri 2 Pinrang

Udin Sidik Sidin (Universitas Negeri Makassar)
Hasrul Bakri (Universitas Negeri Makassar)
Noor Azlina (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
22 May 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitan pengembangan yang bertujuan untuk a) Mengembangkan aplikasi e-module pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas Berbasis Android di SMK Negeri 2 Pinrang, b) Mengetahui kelayakan aplikasi e-module pada mata pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D Thiagarajan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination). Pada Pengembangan ini tidak sampai pada tahap penyebaran (dissemination) karena adanya beberapa keterbatasan peneliti. Media divalidasi oleh 4 orang ahli dan pengujian terhadap 30 siswa kelas XI TKJ di SMK Negeri 2 Pinrang dengan 2 tahap uji coba. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (a) berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari uji validasi ahli materi didapatkan kualifikasi sangat valid dan ahli media dengan kualifikasi sangat valid, (b) hasil uji coba siswa kelompok kecil dengan persentase 80% sangat baik dan 20% baik, sedangkan uji kelompok besar dengan persentase 54% sangat baik dan 46% baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JESSI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The Journal of Embedded System Security and Intelligent System (JESSI), ISSN/e-ISSN 2745-925X/2722-273X covers all topics of technology in the field of embedded system, computer and network security, and intelligence system as well as innovative and productive ideas related to emerging technology ...