DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 2 (2023): 2023

Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini

Wan Fadhilah (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Tuti indriyani (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Zukhairina (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Motivasi belajar anak memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap keberhasilan proses maupun hasil belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 3 Bengkalis adalah guru menjelaskan manfaat belajar, guru menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, guru menggunakan alat permainan edukatif, guru memberikan kebebasan kepada anak, guru memberikan pembelajaran pengalaman nyata, sekolah mengadakan pertemuan dengan wali murid, guru memberikan penghargaan. Peningkatan motivasi belajar anak adalah suatu hal penting, dorongan berasal dari dalam diri anak dan juga dorongan dari yaitu guru. motivasi siswa sangat dibutuhkan demi kelancaran penyelenggaraan proses pembelajaran dan tercapainya tujuan pendidikan. Faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi anak yaitu kurangnya alam dan media dalam pembelajaran dan juga kondisi lingkungan belajar yang kurang kondusif. Upaya yang dilakukan adalah dukungan dari orang tua menjadi peran yang memiliki andil dalam upaya meningkatkan motivasi belajar anak

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dzurriyat

Publisher

Subject

Education Other

Description

DZURRIYAT: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini adalah jurnal akses terbuka peer-reviewed dan mengikuti kebijakan single-blind review, bertujuan untuk menukar hasil penelitian anak usia dini yang menganalisis masalah, tren, praktik, dan kebijakan sejak lahir hingga usia delapan tahun. Jurnal ini ...