Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2023): Volume 01 Nomor 01 (April 2023)

Meningkatkan Pengetahuan dan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Matematika dengan Menggunakan Software Geogebra

Rahmah Abubakar (Universitas Sulawesi Barat)
Meryta Febrilian Fatimah (Universitas Sulawesi Barat)
Muh. Rifandi (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
04 May 2023

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Majene khususnya pada materi sistem persamaan linier dua variabel dan tiga variabel. Hal ini didasarkan pada hasil wawancara yang telah dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Majene dalam memahami materi serta menggambar grafik sangat kurang, terlihat dari nilai ulangan yang diberikan oleh guru mata pelajaran. Solusi atas permasalahan tersebut adalah pemberian pelatihan pengenalan dan penggunaan software Geogebra. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu tahap persiapan dengan komunikasi dengan mitra terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran matematika, tahap pelaksanaan dengan memberikan penjelasan materi/teori dan melakukan praktek penggunaan software Geogebra, serta tahap monitoring dan evaluasi dengan mengukur keberhasilan pelatihan penggunaan software Geogebra terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Majene. Adapun hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan sistem persamaan linier dua variabel dan tiga variabel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Ininnawa

Publisher

Subject

Humanities Education Energy Engineering Public Health Social Sciences

Description

Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat is a scientific multidisciplinary journal published by Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Makassar. It is in the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this journal publication is to ...