Pelataran Seni: Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni
Vol 5, No 2

Pembelajaran Dirigen dalam Upaya Peningkatan Musikalitas Guru TK Panti Dewi Berbah Sleman

Francisca Xaveria Diah K. (Universitas Negeri Yogyakarta)
Panca Putri Rusdewanti (Unknown)
Drijastuti Jogjaningrum (Unknown)
Hilman Raissa Rivaldo (Unknown)
Afrita Rosiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2020

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan musikalitas guru di TK/PAUD Panti Dewi melalui pembelajaran dirigen sehingga kemampuan guru dapat mendampingi dan melatih anak didik menjadi lebih optimal, sekaligus dapat menjadi dirigen baik di acara sekolah atau acara lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan musikalitas guru di TK Panti Dewi semakin berkembang. Hal ini tampak pada hasil penilaian yang meliputi kemampuan dasar (nada, ritmis dan tempo), kemampuan dirigen (posisi tubuh, pola gerakan tangan, mengawali dan mengakhiri lagu), dan kemampuan tambahan (ekspresi, interpretasi dan apresiasi) memperoleh nilai rata-rata 81,1 yang berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian penelitian tindakan yang dilakukan dengan cara melatih guru melalui pembelajaran dirigen dengan bantuan media pembelajaran yang baik, telah berhasil membantu guru di TK Panti Dewi dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan musikalitas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Pelataran Seni contains research articles, findings, ideas, and scientific studies related to the field of arts education and art studies. The editor also receives a review or book review related to the scope of the Pelataran ...