JAPB
Vol 2 No 1 (2019)

PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT SUMBER BERLIAN MOTORS TANJUNG TABALONG

Elvia Monika (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)
Jauhar Arifin (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)
Taufik Rahman (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Perusahaan yang mampu bersaing dalam pasar adalah perusahaan yang dapat menyediakan produk atau jasa yang berkualitas, sehingga perusahaan dituntut untuk terus melakukan perbaikan terutama pada kualitas pelayanannya. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan di PT Sumber Berlian Motors, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan di PT Sumber Berlian Motors. Populasi sampel adalah pelanggan PT Sumber Berlian Motor yang melakukan servis pada dialer tersebut yang jumlah nya 50 pelanggan. Teknik sampel yang digunakan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Observasi dan Kuisioner . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan antara variabel pelayanan prima (X) terhadap kepuasan pelanggan (Y) (2) Besar pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 26,5% artinya pelayanan prima (X) mempengaruhi kepuasan pelanggan (Y) dan sisanya 73,5% di pengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini. Kata Kunci : Pelayanan Prima ; Kepuasan Pelanggan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JAPB

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JAPB mempublikasikan hasil penelitian dari Mahasiswa STIA Tabalong dari Program Studi Aministrasi Publik dan Program Studi Administrasi Bisnis yang telah dilakukan Riview oleh P3M STIA Tabalong sehingga layak untuk diterbitkan dalam bentuk Jurnal Penelitian. JAPB menerbitkan artikel dengan ...