Keberadaan disiplin kerja sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran segala aktivitas organisasi agar tujuanorganisasi dapat dicapai secara maksimal. Kedisiplinan dan ketidakdisiplinan dapat menjadi panutan bagi orang lain. Jika lingkungan kerja nya disiplin, maka seorang pegawai akan ikutdisiplin, tetapi jika lingkungan kerja organisasinya tidak disiplin maka pegawainya juga akan ikut tidak disiplin Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran pemimpin dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai dilihat dari aspek keteladanan atau panutan pada Kantor Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara terstruktur kepada 15 informan yang berbeda yang dianggap mempunyai pengetahuan yang berhubungan dengan penelitian. Adapun teknik yang pengumpulan data yaitu observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi serta menggunakan analisis data menurut Muhammad Ali(1984). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Pemimpin dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai dilihat dari aspek keteladanan atau panutan pada Kantor Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong sudah berperan dengan perolehan hasil jawaban nforman sebanyak 78%. Kata Kunci : Peran pemimpin, disiplin kerja
Copyrights © 2019