JAPB
Vol 3 No 2 (2020)

EFEKTIVITAS PROGRAM WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN DI KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN TABALONG (STUDI KASUS PADA BIDANG SARANA DAN PRASARANA WAJIB BELAJAR SEMBILAN TAHUN)

Yunita Sri Rahayu (Prodi Administrasi Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)
Budi Setiawati (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)
Desak Putu Butsi Triyanti (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas Program Wajib Belajar Sembilan Tahun pada kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong dan apa saja faktor penghambatnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan wawancara kepada beberapa pegawai yang bekerja dibagian Program Wajib Belajar Sembilan Tahun di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas Program Wajib Belajar Sembilan Tahun pada kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong sudah efektif. Faktor penghambat efektivitas program wajib belajar sembilan tahun di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong antara lain yaitu, (1) Tidak jelas tujuan dan sasaran organisasi, (2) Insfrastruktur organisasi yang tidak strategis, (3) Kurangnnya dana untuk mendukung berbagai program kerja, (4) Karyawan tidak kompak, (5) Lemahnya Pemimpin dimana Kepemimpinan yang sering berganti atau dimutasi. Kata Kunci : Efektivitas, Program Wajib Belajar Sembilan Tahun

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAPB

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JAPB mempublikasikan hasil penelitian dari Mahasiswa STIA Tabalong dari Program Studi Aministrasi Publik dan Program Studi Administrasi Bisnis yang telah dilakukan Riview oleh P3M STIA Tabalong sehingga layak untuk diterbitkan dalam bentuk Jurnal Penelitian. JAPB menerbitkan artikel dengan ...