Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa serta mengetahui sejauhmana implementasi program Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Dilihat Dari Struktur Birokrasi di TK Ar Rohman Pembataan Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Teori implementasi kebijakan yang berperspektif top-down dikembangkan oleh George C. Edward III yang mana. dua karakteristik utama dari birokrasi yakni: ”Standard Operational Procedure (SOP) dan fragmentasi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dengan teknik kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan proses wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman, Saldana (2014) yakni : proses memilih, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Indikator yang digunakan untuk mengukur berhasil atau tidaknya implementasi program pendidikan inklusi ini yaitu dalam Permendikbud No. 13 Tahun 2003 tentang Juknis DAK Non fisik BOP PAUD dan Pendidikan kesetaraan, ada 3 (tiga) yaitu : (1) Kegiatan pembelajaran, (2) Kegiatan Pendukung, (3) Kegiatan lainnya, Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program bantuan operasional pendidikan Dilihat Dari Struktur Birokrasi di TK Ar Rohman Pembataan Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong terimplementasi dengan baik. Kata Kunci : Implementasi, Program, Bantuan Operasional Pendidikan
Copyrights © 2021