JAPB
Vol 4 No 2 (2021)

PENGARUH BUDAYA PELAYANAN 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN DAN SANTUN) TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI MALL PELAYANAN PUBLIK KEC.MURUNG PUDAK KAB. TABALONG

Anggita Palma (Program Studi Administrasi Publik, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)
Siti Arbayah (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui dan menganalisis ada pengaruh budaya pelayanan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) terhadap Kepuasan Pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Mall Pelayanan Kabupaten Tabalong. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis besar pengaruh Budaya Pelayanan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) terhadap Kepuasan Pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayan Terpadu Satu Pintu di Mall Pelayanan Kabupaten Tabalong. Menggunakan Metode Kuantitatif untuk menguji teori teori tertentu dengan hubungan antar variable. Menurut Arikunto (2006:233), sampel adalah sebagian atau wakil dari populasi yang akan diteliti. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling, yaitu teknik sampling sederhana yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh Budaya Pelayanan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) terhadap Kepuasan Pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Mall Pelayanan Kabupaten Tabalong sebesar 19.38* (2) Besarnya pengaruh Budaya Pelayanan 5S ( Senyum,Salam,Sapa,Sopan,dan Santun ) terhadap Kepuasan Pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Mall Pelayanan Kabupaten Tabalong sebesar 56% dan sisanya 44% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator yang digunakan dari penelitian ini. Kata Kunci: Budaya Pelayanan, 5S, Kepuasan Pelayanan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAPB

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JAPB mempublikasikan hasil penelitian dari Mahasiswa STIA Tabalong dari Program Studi Aministrasi Publik dan Program Studi Administrasi Bisnis yang telah dilakukan Riview oleh P3M STIA Tabalong sehingga layak untuk diterbitkan dalam bentuk Jurnal Penelitian. JAPB menerbitkan artikel dengan ...