Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS menggunakan Model Pembelajaran Word Square. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS tentang materi Indahnya Keragaman di Negeriku menggunakan Model Pembelajaran Word Square. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas IV Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ula Pondok Pesantren Al Fatah Wonogiri Kecamatan Wonogiri dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 dan dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif merupakan data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 6 siswa (40) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 10 siswa (67%). Hasil pada Siklus I terjadi peningkatan menjadi 15 siswa (100%). Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Word Square adalah dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi Indahnya Keragaman di Negeriku.
Copyrights © 2023