cover
Contact Name
Hernur Yoga Priyambodo
Contact Email
hernur_yoga@jurnal-cahayapatriot.org
Phone
+6283838666661
Journal Mail Official
hernur_yoga@jurnal-cahayapatriot.org
Editorial Address
Jalan Kedondong Raya No. 196 Kota Depok Jawa Barat 16432
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Science And Education Journal (SNEJ)
ISSN : 29885396     EISSN : 30217687     DOI : https://doi.org/10.58290/snej.v1i1
Core Subject : Religion, Education,
Science and Education Journal ( SNEJ ) e-ISSN 3021-7687 P-ISSN 2988-5396 is a peer-reviewed journal published by Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang sains dan pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi pendidikan. Informasi lengkap untuk pemuatan artikel dan petunjuk penulisan artikel tersedia di dalam setiap terbitan. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak Tiga kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan September.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 34 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Materi Indahnya Keragaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas IV Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ula Pondok Pesantren Al Fatah Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri Tahun 2021 Hartika Argi Dewi; Hernur Yoga Priyambodo
Science and Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Science And Education Journal (SNEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58290/snej.v1i1.86

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS menggunakan Model Pembelajaran Word Square. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS tentang materi Indahnya Keragaman di Negeriku menggunakan Model Pembelajaran Word Square. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas IV Pendidikan Kesetaraan Tingkat Ula Pondok Pesantren Al Fatah Wonogiri Kecamatan Wonogiri dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021 dan dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif merupakan data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 6 siswa (40) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 10 siswa (67%). Hasil pada Siklus I terjadi peningkatan menjadi 15 siswa (100%). Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Word Square adalah dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi Indahnya Keragaman di Negeriku.
Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Terpadu Ibnu Muay Bekasi Tahun Ajaran 2019 - 2020 Ahmad Rosidih
Science and Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Science And Education Journal (SNEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58290/snej.v1i1.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data secara empiris mengenai pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Terpadu Ibnu Muay Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode studi korelasional yaitu penelitian yang berkaitan dengan pengumpulan data untuk menentukan ada atau tidaknya hubungan antara dua variable atau lebih dan seberapakah tingkat hubungannya, yang merupakan bagian dari jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Untuk uji Normalitas variabel X diperoleh L0 hitung sebesar 0, sebesar 0,1164 sedangkan variabel Y diperoleh L0 hitung sebesar 0,2483. Jika dikonsultasikan dengan tabel Liliefors pada taraf signifikasi 0,05 dan n 40 diperoleh L0 tabel 0,140. Sehingga dapat disimpulkan bahwa data variabel X dan Y berasal dari populasi berdistribusi normal. Hasil perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 2,18. Jika dikonsultasikan dengan F tabel taraf signifikansi 0,05 dengan dk (10, 26) diperoleh F tabel 2,41. Dengan demikian hipotesis model linier diterima H0 karena F hitung lebih kecil dari F tabel ( 2,18 < 2,41). Dari perhitungan diperoleh r hitung sebesar 0,318. Koefisien korelasi rxy yang didapat tersebut kemudian dikonsultasikan pada tabel r product moment pada taraf signifikansi 0,05 dan n 40 diperoleh r tabel sebesar 0,312. Dengan demikian r hitung lebih besar dari r tabel (0,318 > 0,312). Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh antara sarana dan prasarana sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Terpadu Ibnu Muay Bekasi, maka hipotesis penelitian ini diterima karena r hitung hasilnya menunjukkan arah korelasi positif.
Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMAS IT Al Maidah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020 Hidayatulloh
Science and Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Science And Education Journal (SNEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58290/snej.v1i1.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar siswa di SMAS IT Al Maidah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, dokumentasi, dan interview. Teknik analisis datanya dengan cara uji asumsi, analisis deskriptif dan analisis statistik dengan regresi linier menggunakan bantuan SPSS (Statistic Program Social Sciences) Release 16,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa dan prestasi belajar di SMAS IT Al Maidah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020 dalam kategori baik terlihat dari adanya hasil penilaian rating scale yang disebar masih banyak indikator yang menyatakan baik, prestasi belajar Ekonomi siswa yang dilihat dengan nilai raport siswa dalam kategori baik, probabilitas (0,000) jauh lebih kecil dari 0,05 maka Ho di tolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ekonmi siswa di SMAS IT Al Maidah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2019/2020.
Keanekaragaman Capung (Odonata) di Kawasan Sungai Gendol, Jambon, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta Pasca Banjir Lahar Dingin Gunung Merapi Mohamad Fajar Farid Amrulloh
Science and Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Science And Education Journal (SNEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58290/snej.v1i1.100

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui keanekaragaman (odonata) dikawasan kali gendol pasca banjir lahar dingin gunung merapi. Penelitian dilakukan bulan November 2015 selama ±10 jam keseluruhan pengamatan. Metode yang dilakukan adalah metode point count, yaitu mengikuti jalur transek disertai membuat 10 titik pengamatan dengan jarak antar titik 50 m, setiap titik dilakukan penangkapan capung dengan jaring serangga pada radius 10 m dari titik pengamatan selama 15 menit. Capung yang tertangkap diidentifikasi lebih lanjut menggunakan buku determinasi atau jurnal penelitian. Perhitungan Indeks Keanekaragaman capung dilakukan dengan menggunakan rumus Shannon-Wiener (H’). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis capung yang ditemukan ada 13 jenis, 6 jenis berasal dari 2 famili ordo anisoptera dengan jumlah individu 25 dan 8 jenis berasal dari 4 famili ordo zygoptera dengan jumlah individu 359. Kelimpahan relative tertinggi adalah Libellago lineata (32,81%), disusul Pseudagrion pruinosum (30,21%), Copera marginipes (20,31%). Indeks keanekaragaman capung yang diperoleh di kawasan kali gendol, Jambon, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta pasca banjir lahar dingin gunung merapi adalah 0,71. Hal ini menandakan bahwa keanekaragaman capung di kawasan kali gendol terbilang rendah yang disebabkan beberapa faktor diantaranaya faktor biotik dan abiotik.
Pengaruh Regulasi Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 23 Depok Tahun Pelajaran 2019-2020 selliyani
Science and Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Science And Education Journal (SNEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58290/snej.v1i1.101

Abstract

Ketuntasan dari prestasi belajar ditentukan jika siswa berhasil mencapai nilai minimum Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang berdasarkan kebijakan sekolah, apabila prestasi belajar siswa rendah ini bisa menjadi penghambat dalam pencapaian tujuan pendidikan. Berdasarkan observasi yang penulis lakukan di SMPN 23 Depok pada bulan Februari – Maret 2020, diketahui prestasi belajar mata pelajaran IPS kelas VIII dari tiga tahun terakhir belum optimal, dalam artian terdapat beberapa siswa yang belum mampu untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Penelitian kuantitatif asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih yang mempunyai sebab akibat terhadap variabel lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menguji apakah variabel regulasi diri (X) mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa (Y). Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis deskriptif umum dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMPN 23 Depok dapat disimpulkan bahwa Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa dipengaruhi oleh regulasi diri siswa, Hal ini dapat dilihat dari perhitungan anova sederhana didapat nilai p-value lebih kecil dari 0,05 dengan demikian Ho ditolak, regresi Y atau X adalah signifikan atau regulasi diri berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS, dengan persamaan , Y = -8,325+ 0,974 X.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM YANG TERDAPAT DALAM TRADISI MUNJUNG DI DUSUN BANGUN SARI SATU DESA BANTAN AIR Tusiva, Charisma; Robiah
Science and Education Journal Vol 1 No 1 (2023): Science And Education Journal (SNEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58290/snej.v1i1.139

Abstract

Penelitian ini mengangkat tema tentang “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Yang Terdapat Dalam Tradisi Munjung Di Dusun Bangun Sari Satu Desa Bantan Air”. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat dalam tradisi munjung. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah apa saja nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat dalam tradisi munjung dan bagaimana gambaran tradisi munjung di dusun bangun sari satu desa bantan air. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di desa bantan air. Subjek dalam penelitian ini ialah tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pendidikan dan objek dalam penelitian ini ialah nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat dalam tradisi munjung di dusun bangun sari satu desa bantan air. Populasi yang diambil penulis dalam penelitian ini ialah masyarakat dusun bangun sari satu desa bantan air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan analisis yang dilakukan dengan cara mencari data dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis adapun nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat dalam tradisi munjung ini ialah ada nilai akhlak, sosial ibadah dan nilai tanggung jawab. Untuk nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat dalam tradisi munjung di dusun bangun sari satu desa bantan air ini dikatakan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari penelitian bahwa nilai-nilai pendidikan masih tetap dilaksanakan sampai dengan saat ini. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Munjung
Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas Vlll MTsN 2 Bengkalis Fadila, Nur; Ritonga, Supardi
Science and Education Journal Vol 1 No 2 (2023): Science And Education Journal (SNEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58290/snej.v1i2.137

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pengoptimalan proses pembelajaran seharusnya pembelajaran dilakukan dengan menerapkan metode dapat berpengaruh terhadap hasil belajar namun senyatanya guru menggunakan metode konvensional sehingga siswa kurang fokus saat belajar dan berpengaruh terhadap hasil belajar maka peneliti menerapkan metode yang sesuai yaitu metode peer tutoring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran peer tutoring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 8 MTsN 2 Bengkalis dan untuk mengetahui perbedaan hasil rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran fikih kelas Vlll MTsN 2 Bengkalis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan cara kerja tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Terdapat pengaruh setelah diterapkannya metode pembelajaran peer tutoring melalui uji hipotesis dimana hasil signifikansi 2 tailed sebesar 0.00 apabila nilai sig 2 tailed < 0.05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan terdapat pengaruh metode pembelajaran peer tutoring, terdapat perbedaan rata-rata yang cukup signifikan dimana kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode peer tutoring memiliki rata-rata 85 sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional memiliki rata-rata 73.
Penerapan Teknik Self Control dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik Di Kelas VIII MTS An-Nahdhtud Diniyah Pangkalan Batang Barat Khodijah, Siti; Robi'ah
Science and Education Journal Vol 1 No 2 (2023): Science And Education Journal (SNEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58290/snej.v1i2.143

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa untuk membimbing perilaku sendiri, dan kurangnya kemampuan untuk menekan atau merintangi reaksi dalam bertindak tanpa berfikir panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket. Jumlah populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 38 orang siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan independent sampel t-test. Teknik self control efektif pada membentuk akhlakul karimah peserta didik ditunjukkan dari hasil independent sampel t-test dengan nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,050 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara membentuk akhlakul karimah peserta didik dikelas eksperiman dengan kelas kontrol. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat penerapan teknik self control dalam membentuk akhlakul akrimah peserta didik di kelas VIII MTs An- nahdhatud Diniyah Pangkalan Batang Barat.
Konsep Cinta Tanah Air Menurut Sayyid Muhammad Telaah Kitab At-Tahliyah Wa At-Targhib Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Di Indonesia Wahid, Abdullah; Robi'ah
Science and Education Journal Vol 1 No 2 (2023): Science And Education Journal (SNEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58290/snej.v1i2.144

Abstract

Setiap warga negara wajib untuk menjaga tanah airnya dari sesuatu yang merongrong, baik dari dalam maupun dari luar. Di antara hal yang terpenting dalam menjaga tanah air adalah dengan mencintainya dengan segala kemampuan yang ia miliki. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap warga negara yang radikal dan intoleran serta kurangnya rasa bangga terhadap tanah airnya khususnya bagi generasi muda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Konsep Cinta Tanah Air Menurut Sayyid Muhammad dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini adalah jenis penelitian pustaka ( library research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber utama pada penelitian ini adalah kitab At-tahliyah wa At-targhib karya Sayyid Muhammad. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah konsep cinta tanah air menurut Sayyid Muhammad adalah melaksanakan perintah dan ajaran agama Islam. Pendidikan Islam merupakan sarana atau media transfer pemahaman keislaman yang dapat mentransformasi nilai-nilai cinta tanah air dalam ajaran Islam. Peran penting pendidikan Islam adalah sebagai pembentuk karakter bangsa yang memiliki rasa nasionalisme. Sehingga pendidikan Islam mampu melahirkan generasi yang mempunyai kepribadian islami dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.
Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis Mulyani, Indah; Muis, Muhammad Aufa
Science and Education Journal Vol 1 No 2 (2023): Science And Education Journal (SNEJ)
Publisher : Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58290/snej.v1i2.149

Abstract

Penelitian ini mengangkat tema Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan metode Mind Mapping di kelas VIII dalam meningkatkan pemahaman belajar siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat. ‘subjek dalam penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Bengkalis. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 orang siswa kelas VIII yang mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melakukan pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan observasi, waawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut direkapitulasi dan dianalisis. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind Mapping untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis berada pada kategori Baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi dengan jumlah presentase Ya sebanyak 81,0% dan Tidak sebanyak 18,9%. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung nya yaitu: menggunakan metode dan media yang menarik, faktor dukugan orangtua, dan faktor penghambat yaitu: konsentrasi siswa dalam belajar kurang, belajar yang monoton tidak bervariasi.

Page 1 of 4 | Total Record : 34