Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol. 8 No. 2 (2023): EDISI APRIL

TELEMEDICINE CONSULTATION : IS IT EFECTIVE ?

La Tarifu (Universitas Halu Oleo)
Sartika Sari Wardanhi (Universitas Hasanuddin)
Fera Tri Susilawaty (Universitas Halu Oleo)
Masrul Masrul (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Aplikasi telemedicine didesain agar para pasien mendapatkan layanan kesehatan dengan lebih mudah. Pasien dapat melakukan konsultasi kesehatan tanpa dibatasi jarak dan waktu. Saat pandemi, penggunaan telemedicine meningkat. Tidak adanya kontak langsung pasien dengan dokter dapat mencegah penularan penyakit tertentu. Namun, apakah tanpa adanya kontak dan konsultasi langsung membuat komunikasi pasien dan dokter dapat terjadi dengan baik ? dan apakah pasien puas terhadap konsultasi online dengan bantuan telemedicine. Penelitian ini melakukan pengukuran dengan lima indikator efektivitas Komunikasi oleh Bernard yakni dalam (Basori, 2017) yaitu daya tarik (attraction), pemahaman (comprehension), penerimaan (acceptability), keterlibatan (self involvement) dan keyakinan (persuasion). Metode riset menggunakan deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 97 orang yaitu pengguna aplikasi telemedicine. Penarikan sampel dengan metode Lemenshow. Beberapa data juga diambil melalui interview untuk memperoleh data kualitatif sebagai perbandingan untuk menyempurnakan hasil dari data analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima indikator berada dalam kategori baik sehingga aplikasi Halodoc efektif dalam konsultasi online. Adapaun kesimpulan riset ini bahwa tidak hanya efektif, telemedicine juga efisien untuk digunakan. Pasien merasa bebas untuk memilih dokter, praktis dan murah dan mudah dalam penggunaan fitur telemedicine.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and ...