cover
Contact Name
Fera Tri Susilawaty
Contact Email
feralawata@gmail.com
Phone
+6287843836544
Journal Mail Official
jurnal.komunikasiuho@gmail.com
Editorial Address
Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25279173     DOI : 10.52423
Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and popular culture. Also focus on studies of information and libraries including information literacy, information technology, digital library, librarian profession development, information management.
Articles 56 Documents
STRATEGI KOMUNIKASI INEWS TV PADANG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DIERA DIGITAL yasha langitta setiawan; Januardi Nasir; Puryanto; Yumi Ariyati; Tommy Dwi Wahyudi
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 1 (2023): EDISI JANUARI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i1.1

Abstract

Era digital telah merubahan kebiasaan masyarakat, dahulu masyarakat sangat sulit mendapatkan informasi, kini hanya melalui genggaman tangan/ HP. Dengan peraturan pemerintah beralihnya televisi konvensional menjadi televisi digital Tentunya membuat media massa televisi harus bisa mempertahankan eksistensi di era digital. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi iNews Tv padang sebagai televisi lokal dalam mempertahankan eksistensi di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknk penarikan sampel porposive sampling. Informan peneltian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari kru iNews TV Padang. Hasil penelitian ini adalah Inews TV Padang menggunakan youtobe sebagai media komunikasi live streaming dan memanfaatkan facebook, instagram dalam hal mempromosikan isi siaran yang akan ditayangkan pada TV konvensional. Isi konten dari iNews Tv berfokus kepada pemberitaan lokal dan iklan parawisata lokal yang ada disumatera barat. Hambatan yang dihadapi Inews TV padang adalah sumber daya manusia yang sangat terbatas sehingga membuat kendala dalam pembuatan program acara, sumber dana yang kurang maksimal, dan alat jangkauan siaran yang terbatas.
PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @CHOCODOT_CATALOGUE OLEH PT TAMA COKELAT INDONESIA: Indonesia Ega Aprilliyani; Hanny Hafiar; Hery Budiana
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 1 (2023): EDISI JANUARI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Garut yang berdiri sejak tahun 2009. Dalam melakukan kegiatannya, PT Tama Cokelat Indonesia menggunakan beberapa media sosial salah satunya Instagram dengan nama akun @chocodot_catalogue. Akan tetapi, kurangnya engagement menjadi hambatan dalam pengelolaan media sosial Instagram tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan media sosial instagram @chocodot_catalogue melalui tahap menyebarkan (share), optimalisasi (optimize), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data wawancara mandalam, observasi, dan studi pustaka. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa dalam pengelolaan akun instagram @chocodot_catalogue pada tahap share dilatarbelakangi oleh PT Tama Cokelat Indonesia yang ingin melakukan komunikasi dua arah dengan masyarakat. Pada tahap optimize, pemantauan yang dilakukan untuk mengetahui apa yang dibicarakan oleh publik mengenai PT Tama Cokelat Indonesia dilakukan dengan cara manual yaitu pengecekan mention dan hashtag. Pada tahap manage, PT Tama Cokelat Indonesia sudah melakukan beberapa upaya, namun dalam tahap ini @chocodot_catalogue belum menggunakan social media tools. Tahap terakhir adalah engage dimana dalam tahap ini PT Tama Cokelat Indonesia belum memiliki influencer
SELF DISCLOSURE ON SOCIAL MEDIA PLATFORM USERS Q & A QUORA Dini Kumalawati Sarjani
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 1 (2023): EDISI JANUARI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i1.3

Abstract

Quora merupakan salah satu platform media sosial dengan sistem Question & Answer. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengikuti satu sama lain dan membentuk jejaring sosial. Melalui pertanyaan dan jawaban sesuai topik tertentu dalam platform, antar pengguna akan saling terkoneksi. Fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, pengguna Quora melakukan pengungkapan diri terkait hal yang termasuk dalam ranah pribadi dan mendapatkan dukungan dari banyak pengguna lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengungkapan diri serta tahapan perkembangan relasional antar pengguna Quora, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan objek penelitian berupa posting jawaban atau komentar dari pengguna. Setelah dikumpulkan data akan direduksi untuk kemudian dilakukan analisis. Hasil penelitian bahwa pengungkapan diri bergantung pada jenis kelamin, anonimitas akun dan topik yang dipertanyakan. Tahapan perkembangan hubungan antar pengguna Quora tidak terjadi secara linier seperti yang dilakukan secara tatap muka. Akan menarik jika selanjutnya dilakukan penelitian yang membandingkan pengungkapan  diri pada platform Quora dengan platform Facebook.    
ANALISIS DISKURSUS BERITA KOMUNISME HARIAN KOMPAS SEBELUM DAN SESUDAH PERISTIWA GERAKAN 30 SEPTEMBER 1965 Putri Kudri; Suluh Gembyeng Ciptadi
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 1 (2023): EDISI JANUARI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i1.5

Abstract

Penelitian ini menganalisis dan mendeskripsikan struktur makro, superstruktur, struktur mikro pada teks wacana berita tentang pra G30S/PKI dan pasca G30S/PKI 1965. Metode dokumentasi dan analisis isi teks berita Harian Kompas. Hasil analisis Wacana Kritis Teun van Dijk menemukan bahwa dari unsur struktur makro, superstruktur, struktur mikro menunjukkan perbedaan penekan dalam memberitakan tentang komunisme pra G30S/PKI dan pasca G30S/PKI 1965. Berita-berita Kompas pra G30S/PKI memberitakan tentang Komunisme secara hati-hati yang memberitakan perkembangan dan Penguatan gerakan Komunisme. Pasca peristiwa G30S/PKI 1965 menempatkan posisinya sebagai media anti Komunisme dengan menyudutkan PKI dari segi pemberitaan
DAYA TARIK DAN STRATEGI KOMUNIKASI FORUM PENGEMBANGAN KAMPOENG BATIK LAWEYAN SOLO DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN WISATA LOKAL Elia Krisma; Dian Novita Kristiyani
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 3 (2023): EDISI JULI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i3.7

Abstract

Kampoeng Batik Laweyan (KBL) merupakan salah satu wisata lokal di Kota Solo, keberadaanya berpadu dengan kenangan masa lampau dan modernitas, serta harmonisasi keunikan yang dimiliki membuat wisata ini menarik untuk dikunjungi. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui daya tarik apa yang dimiliki KBL dan bagaimana penerapan strategi komunikasi yang dilakukan Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan (FPKBL) Solo dalam upaya mempertahankan wisata lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui sumber pengumpulan data primer dan data sekunder, serta melakukan observasi. Hasil yang didapatkan bahwa dalam upaya mempertahankan wisata lokal di KBL, daya tarik wisata sangat diperlukan untuk menarik minat pengunjung seperti menjadikan KBL sebagai The Central Batik and Heritage of Java dan menawarkan modernitas secara bersamaan. Strategi komunikasi pariwisata sangat dibutuhkan dengan merancang pesan yang menarik oleh FPKBL didukung oleh pemerintah kota, masyarakat setempat, dan pengunjung. Memilih media promosi komunikasi dalam penyampaian pesan pariwisata yang menarik melalui media konvensional dan media online.
CITIZEN JOURNALISM SEBAGAI IMPLEMENTASI DARI PARTICIPATORY MEDIA CULTURE DI ERA KONVERGENSI MEDIA Melati Budi Srikandi; Budiharjo
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 1 (2023): EDISI JANUARI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i1.10

Abstract

Produk citizen journalism/ CJ dinilai sebagai implementasi dari participatory media culture. Namun tidak semua CJ memenuhi kaidah jurnalistik, sehingga rawan kelengkapan maupun kesalahan. Terutama disiplin verifikasi, cek ricek serta keseimbangan. Di sisi lain, pada era konvergensi ini, dapat tercipta kolaborasi antara jurnalisme warga dengan media arus utama. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya ketersediaan ruang untuk menampung karya citizen journalism pada slot tayangan berita di media arus utama. Juga dalam tayangan awal ketika media arus utama belum memiliki gambar atas suatu peristiwa yang sering diberi judul “video amatir". Kajian ini ditelaah menggunakan metode literature review. Citizen journalism, konvergensi media, participatory media culture, dan media baru adalah beberapa judul kata kunci yang digunakan dalam pencarian artikel jurnal yang diterbitkan antara tahun 2017 sampai 2022. Istilah-istilah ini dipilih berdasarkan relevansi konten jurnal dan relevansi isu penelitian. Hasilnya, CJ dianggap sangat berpengaruh dalam membentuk alur media. CJ dapat menciptakan suatu alur media yang saling berhubungan. Terkait hal tersebut, CJ dapat menggiring opini khalayak kemanapun mereka inginkan baik positif maupun negatif. Membentuk alur media ini dapat dilakukan melalui blogging ataupun podcasting yang saat ini sedang digandrungi generasi muda. Pada poin inilah dapat ditunjukkan adanya implementasi dari budaya partisipatif terhadap media oleh masyarakat.
MANAJEMEN KRISIS PT. BERKAH WONG CILIK "SHABU HACHI" DI MASA PANDEMI COVID-19 Mohammad Ricky Ramadhan Rasyid; Muji Utami
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 2 (2023): EDISI APRIL
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i2.12

Abstract

Krisis merupakan suatu situasi yang menyulitkan sebuah perusahaan dan terdapat beberapa bagian di dalamnya sebagai akibat dari sebuah situasi yang menjadikan sebuah dampak negatif terhadap perusahaan. Komunikasi yang digunakan ketika menghadapi krisis disebut dengan komunikasi krisis yang berarti pengumpulan, pengolahan, dan penyebaran dari informasi yang dibutuhkan dalam mengatasi kondisi krisis yang berawal dari tahap pra-krisis hingga pasca-krisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen krisis pada masa pandemi di PT. Berkah Wong Cilik. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme dengan pendekatan kualitatif melalui metode wawancara dengan total dua informan kunci dan satu informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen krisis yang diterapkan oleh PT. Berkah Wong Cilik "Shabu Hachi" pada masa pandemi adalah dengan menerapkan empat langkah, yaitu: Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Dengan penerapan keempat langkah tersebut, Shabu Hachi berhasil mengatasi krisis yang dilanda akibat masa Covid-19.
PERTARUNGAN WACANA KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG DALAM MEDIA ONLINE Pustika Chandra Kasih
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 1 (2023): EDISI JANUARI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i1.15

Abstract

Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) di Indonesia. Kebijakan proyek ini mendapatkan berbagai tanggapan, baik pro maupun kontra, dari para pemangku kepentingan. Penelitian sebelumnya meneliti tentang analisis framing mengenai proyek tersebut, namun belum sampai pada jejaring di dalamnya yang mempengaruhi pemberitaan tersebut. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana perdebatan mengenai wacana pembangunan proyek KCJB, koalisis wacana yang tercipta di antara stakeholder. Metode DNA (Discourse Network Analysis) dipilih dengan menggabungkan analisis wacana (isi kualititatif) dan metode jejaring sosial. Fokus obyek penelitian yakni 193 artikel pada 25 media online nasional yang ditarik data pada rentang waktu 25 Juli 2022 - 2 Agustus 2022. Hasilnya menunjukkan belum terbentuk koalisi wacana pada wacana proyek tersebut.
PENGARUH TERPAAN IKLAN TELEVISI TERHADAP BRAND AWARENES Hanum Kanthi Pramesthi; Bambang Dwi Prasetyo
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 1 (2023): EDISI JANUARI
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i1.16

Abstract

Komunikasi pemasaran mengambil peran yang krusial bagi perusahaan. Salah satunya adalah periklanan yang mampu memengaruhi perilaku individu serta meningkatkan kesadaran merek. Perkembangan teknologi membuat sistem periklanan semakin beragam, namun iklan melalui media televisi masih memegang peranan yang krusial untuk menjangkau khalayak secara massal. Penelitian ini berlandaskan pada teori stimulus-organisme-respon (S-O-R) yang diadopsi berdasarkan pemikirkan Hovland. Stimulus dalam penelitian ini adalah terpaan iklan televisi “Waktu Indonesia Belanja”, dengan organisme yaitu masyarakat Indonesia, dan respon yang diharapkan berupa brand awareness. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan televisi terhadap brand awareness apabila ditinjau dari teori S-O-R pada marketplace Tokopedia. Penelitian ini berlandaskan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif serta metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100, dengan teknik pengambilan sampel berupa nonprobability sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui perantara Google Forms. Seluruh data yang terkumpul dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan “Waktu Indonesia Belanja” memiliki pengaruh positif sebesar 71.9% terhadap pembentukan brand awareness pada marketplace Tokopedia. Hal tersebut menunjukkan bahwa asumsi dasar dari teori S-O-R tergambar pada penelitian ini, yaitu stimulus akan memberikan rangsangan kepada organisme sehingga dapat mendorong adanya perubahan sikap.
KETERGANTUNGAN INDIVIDU TERHADAP MEDIA DAN PERILAKU “PHUBBING” PADA INTERAKSI TATAP MUKA Sarwesti
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol. 8 No. 2 (2023): EDISI APRIL
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi Fisip UHO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52423/jikuho.v8i2.17

Abstract

Kemampuan literasi digital masyarakat Indonesia meningkat seiring dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ditandai dengan makin tingginya jumlah pengguna smartphone dan akses internet dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 191 juta orang pada Januari 2022. Banyaknya pengguna aktif ponsel cerdas dan media sosial seperti yang disebutkan sebelumnya, intensitas penggunaan ponsel juga meningkat sehingga keterikatan pada ponsel cerdas juga meningkat dan sulit untuk mengendalikan kebiasaan terus-menerus memeriksa ponsel yang dikenal dengan phubbing. Penelitian ini untuk mengeksplorasi dinamika dari hubungan ketergantungan terhadap media yang intens dan luas antara individu dengan ponsel. Metode pengumpulan data berupa survei kemudian dilanjutkan dengan analisis secara deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa tujuan penggunaan ponsel meningkatkan intensitas penggunaan ponsel sehingga menimbulkan efek kognitif, afektif dan perubahan perilaku.