Gemeinschaft : Jurnal Masyarakat Pesisir dan Perdesaan
Vol 1, No 1 (2019): Edisi Oktober

MODAL SOSIAL PEREMPUAN NELAYAN DALAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA PESISIR (Studi di Desa Lanto Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah)

Neriati, Muh. Rusli, Tanzil (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bentuk modal sosial perempuan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir; (2) Fungsi modal sosial perempuan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir. metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah  elemen masyarakat yang terdiri dari 1 kepala desa, 5 Perempuan Nelayan dan 5 Suami Nelayan. Data ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapati bahwa telah terjadi bentuk modal sosial perempuan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir di Desa Lanto Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah, bentuk modal sosial perempuan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir sebagai perempuan nelayan yang memiliki karakteristik kehidupan sosial seperti nilai sosial, norma sosial dan kepercayaan sosial yang membentuk interaksi dan kerja sama yang dapat saling menguntungkan dalam kegiatan pengelolaan sumberdaya pesisir, dan fungsi modal sosial perempuan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya pesisir di Desa Lanto Kecamatan Mawasangka Tengah Kabupaten Buton Tengah adalah terdiri atas 3 penelolaan sumberdaya pesisir yaitu, pengelolaan ikan peindang, pengelolaan kerupuk ikan, pengelolaan rumput laut.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gemeinschaft

Publisher

Subject

Arts Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gemeinschaft: Jurnal Masyarakat Pesisir dan Perdesaan adalah jurnal ilmiah online yang diterbitkan oleh Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Halu Oleo dengan frekuensi terbitan dua kali setahun (April dan Oktober). Nama jurnal ini diinspirasi dari istilah yang dikemukakan oleh Sosiolog ...