Gemeinschaft : Jurnal Masyarakat Pesisir dan Perdesaan
Vol 5, No 1 (2023): Edisi April

Modal Sosial Petani Nilam Dalam Meningkatkan Produktivitas Nilam (Studi di Kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan)

Ayu Pratiwi (universitas Halu Oleo)
Bahtiar Bahtiar (Universitas Halu Oleo)
Juhaepa Juhaepa (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Bentuk dan Fungsi Modal Social Petani Nilam dalam Meningkatkan Produktivitas Nilam di Kelurahan Potoro, Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Bentuk serta Fungsi Modal Social Petani Nilam di Kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Subyek penelitian ini adalah petani nilam sebanyak 8 orang, Kepala Kelurahan, pemilik penyulingan ketel 2 orang serta penyuluh pertanian lapangan 1 orang di Kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Penentuan informan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yakni pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu serta yang dianggap paling tahu mengenai informasi yang dibutuhkan. Adapun metode dalam penelitian ini yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati secara langsung obyek peneliti dimana penulis terjun langsung ke lokasi penelitian yang telah ditentukan dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi di Kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bagaimana Bentuk serta Fungsi Modal Social Petani Nilam dalam Meningkatkan Produktivitas Nilam di Kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo Kabupaten Konawe Selatan dapat dikatakan berjalan dengan baik, dimana hal tersebut dapat disimpulkan berdasarkan hasil wawancara jawaban pertanyaan informan mengenai Bentuk Modal Social yang ada pada sesama petani nilam, petani dan penyuling serta sesama penyuling yang sudah berjalan dengan baik dalam Meningkatkan Produktivitas Nilam beserta Fungsi Modal Social Petani Nilam itu sendiri dalam Meningkatkan Produktivitas Nilam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gemeinschaft

Publisher

Subject

Arts Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gemeinschaft: Jurnal Masyarakat Pesisir dan Perdesaan adalah jurnal ilmiah online yang diterbitkan oleh Program Studi Sosiologi FISIP Universitas Halu Oleo dengan frekuensi terbitan dua kali setahun (April dan Oktober). Nama jurnal ini diinspirasi dari istilah yang dikemukakan oleh Sosiolog ...