Jurnal Pendidik Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Pendidik Indonesia

Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Meluhu

Nining Arsyantika (Universitas Lakidende)
Hermanto (Universitas Lakidende)
Nining Hajeniati (Universitas Lakidende)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Meluhu. Jenis penelitian Ex-Post Facto yang merupakan penelitian bertujuan menemukan penyebab kemungkinan perubahan perilaku, gejala atau fenomena disebabkan suatu peristiwa, atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Meluhu tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 29 siswa yang terbagi dalam 2 kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana semua individu dalam populasi baik secara sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel . Pengambilan data dilakukan dengan dua metode yaitu pengisian angket dan data nilai ulangan tengah semester (UTS). Secara deskriptif hasil penelitian ini menunjukan bahwa Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Meluhu tahun ajaran 2021/2022 berada pada kategori sedang dengan rata-rata 44. Hasil belajar matematika siswa Kelas X SMA Negeri 1 Meluhu tahun ajaran 2021/2022 berada pada kategori sedang dengan rata-rata 55. Berdasarkan uji inferensial yaitu uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 73,722 + 0,782X, dimana 73,722 merupakan nilai a (konstanta) dan 0,782 merupakan nilai arah regresi (b) di ketahui bahwa setiap nilai motivasi belajar siswa 73,722 dapat meningkatkan hasil positif belajar siswa sebesar 0,782 dengan uji linearitas regresi diperoleh bahwa terdapat Pengaruh linear antara variabel motivasi belajar dan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh bahwa hasil belajar matematika siswa ditentukan oleh motivasi belajar sebesar 68% dan 32% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Melalui uji t diperoleh thitung= 7,61 dan ttabel= 1,701 dengan taraf signifikan a = 5% (a=0,05), diperoleh bahwa thitung= 7,61 > ttabel= 1,701, maka Ho ditolak artinya motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Meluhu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPI) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan karya penelitian dan artikel ilmiah terkait dengan bidang pendidikan. Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan pemerhati pendidikan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta ...