Pelayanan publik merupakan proses pemenuhan kebutuhan dan pelaksanaan peraturan perundangan-undangan dalam bentuk jasa pelayanan yang menjadi tanggung jawab oleh pelaksana pelayanan seperti instansi pemerintah kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Kualitas Pelayanan publik pada Kantor Desa Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong dilihat dari aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tehnik pengumpulan data dengan kuesioner atau angket kepada responden penerima layanan di Kantor Desa Pamarangan Kiwa Kabupaten Tabalong. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang datang ke kantor desa untuk mendapatkan pelayanan sebanyak 50 orang dalam kurun waktu 3 bulan yang lalu terhitung sejak Desember 2020 sampai dengan Februari 2021. Tehnik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode cluster sampling sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan publik pada Kantor Desa Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong diukurt dari aspek tangible, reliability, responseveness, assurance, dan emphaty dinyatakan Berkualitas dengan nilai 2.317 atau 61.8% . Kata kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Kantor Desa
Copyrights © 2021