Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana daya tanggap pegawai dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan dikantor kecamatan tanta kabupaten tabalong dengan indikator responsiveness yaitu; 1)Merespon setiap pelanggan atau pemohon yang ingin mendapatkan pelayanan; 2)Petugas atau aparatur melakukan pelayanan dengan cepat; 3)Petugas atau aparatur melakukan pelayanan dengan cermat; 4)Petugas atau aparatur melakukan pelayanan dengan waktu yang tepat; 5)Semua keluhan pelanggan direspon oleh petugas. Dalam metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. metode deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan suatu peristiwa atau suatu kejadian yang terjadi pada saat sekarang dalam bentuk angka yang bermakna. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Muhammad Ali (1998: 184), tabulasi dan presentase data. Hasil penelitian tentang daya tanggap pegawai dalam pelayanan administrasi kependudukan dikantor kecamatan tanta kabupaten tabalong disimpulkan baik dengan persentase 73% dan dapat dikatakan pegawai dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan responsif. Kata Kunci: Daya Tangggap, Pelayanan, Administrasi Kependudukan.
Copyrights © 2021