Pada masa sekarang ini pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah masih terdapat kelemahan yang membuat tidak dapat terpenuhinya standar pelayanan publik yang baik. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Standar Pelayanan Administrasi Kependudukan Dilihat Dari Jangka Waktu Pada Kantor Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong (Studi Kasus Pada Pembuatan Kartu Keluarga). Lokasi penelitian dilaksanakan di Kantor Kecamatan Upau pemilihan tempat serta lokasi penelitian dengan alasan yaitu, peneliti melihat adanya permasalahan dalam pelayanan Kartu Keluarga di Instansi Tersebut. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data terdiri atas data primer dan data sekunder. Informan penelitian terdiri atas Kasi Pemerintahan, Operator Pembuatan Kartu Keluarga dan masyarakat yang membuat kartu keluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi / pengambilan kesimpulan. Adapun hasil penelitian, standar Pelayanan Administrasi Kependudukan dilihat dari aspek jangka waktu Di Kantor Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong (Studi Kasus Pada Pembuatan Kartu Keluarga) sudah masuk dalam kategori terstandar. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini adalah yaitu masih perlu pembenahan dalam menjalankan prinsip standar pelayanan yang baik,karena masih ada keterbatasan seperti jaringan yang terkadang tidak stabil serta kelengkapan berkas yang dibawa oleh masyarakat itu sering tidak lengkap. Kata Kunci : Analisis Standar Pelayanan, Jangka Waktu, Administrasi Kependudukan
Copyrights © 2021