Kepuasan (satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang telah dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka. Jika kinerja gagal memenuhi ekspektasi, pelanggan akan tidak puas. Jika kinerja sesuai dengan ekspektasi, pelanggan akan puas. Jika kinerja melebihi ekspektasi, pelanggan akan sangat puas atau senang. pelayanan adalah segala bentuk kegiatan pelayanan dalam bentuk barang atau jasa dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pada Puskesmas Wirang di bagian kartu pendaftaran. Dalam penelitian ini sampel yang diambil secara accidental sampling, yaitu masyarakat atau pasien yang datang berurusan selama masa penelitian dan mengambil sampel pada siapa saja yang ditemui tanpa perencanaan sebelumnya. Teknik untuk mengetahui besaran sampel responden dan populasi, peneliti menggunakan tabel sampel dari Krejcie and Morgan yaitu apabila jumlah Populasi (N) 210 maka jumlah Sampel (n) 136. Peneliti menggunakan jumlah responden berdasar jumlah kunjungan pasien Mei 2021 yaitu sebanyak Populasi (N) 214 maka Jumlah Sampel (n) 136 responden, kuesioner merupakan instrumen utama untuk mengumpulkan data, dokumentasi dan observasi diperoleh dari lokasi penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di bagian kartu pendaftaran Puskesmas Wirang Kecamatan Haruai dengan nilai indeks kepuasan masyarakat dapat dikategorikan Baik. Kata kunci : Survei Tingkat Kepuasan Masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat
Copyrights © 2022