Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh manajamen operasional dan preferensiterhadap keputusan customer menggunakan jasa tour dantravel pada PT. L-Hijrah Tour & Travel Bureau Medan.Jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan dataprimer dan data sekunder. Tehnik pengumpulan datamenggunakan angket. Populasi yang digunakan dalampenelitian ini adalah pekerja dan customer. Tehnikanalisis data yang digunakan adalah analisis regresilinear berganda dengan menggunakan program softwarespss versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat pengaruh manajemen operasional secara parsialterhadap keputusan customer thitung 3,374 > dari ttabelsebesar 1,66055 dinyatakan positif dan signifikan , artibahwa ha diterima dan ho ditolak. Maka dapatdinyatakan bahwa manajemen operasional berpengaruhsecara positif dan signifikan keputusan costumer danpreferensi memiliki thitung 2,364 > dari ttabel sebesar1,66055 dengan signifikan sebesar dalam arti bahwa haditerima dan ho ditolak. Maka dapat dinyatakan bahwapreferensi berpengaruh signifikan terhadap keputusancostumer. Sedangkan secara bersama sama manajemenoperasional dan preferensi Fhitung 73,046 > dari Ftabelsebesar 3,09 yang berarti manajemen operasional danpreferensi secara simultan berpengaruh pada keputusancostumer, maka ha diterima ho ditolak. Terdapathubungan yang positif antara manajemen operasional X1dan preferensi X2 dengan keputusan costumer yang ditunjukkan dengan besarnya koefisien korelasi Rhitung0,695 atau 69,5 % sedangkan sisanya sebesar 30,5%dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalampenelitian ini.
Copyrights © 2023