Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora
Vol. 2 No. 4: Juni 2023

Pengaruh Pelatihan Mindfulness Terhadap Penurunan Stres Dalam Pembelajaran Daring/Online Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Polewali

Annisa Ariyanti (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar)
Widyastuti (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar)
Ahmad Ridfah (Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Stres saat menghadapi masa pandemi COVID-19 merupakan suatu fenomena yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk siswa selama menjalani pembelajaran daring/online pada masa pandemi. Penelitian ini tujuannya agar emahami pengaruh pelatihan mindfulness pada penurunan stres ketika pembelajaran daring/online pada masa pandemi dimana siswa kelas XI SMAN 1 Polewali. Subjek pada penelitian yaitu siswa kelas XI SMAN 1 Polewali berusia 13 hingga 18 tahun yang memiliki kategori stres tinggi berjumlah delapan orang dimana empat orang termasuk pada kelompok eksperimen serta empat orang masuk pada kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini memakai skala stres adaptasi dari penelitian Imamah sebanyak 20 aitem. Teknik analisis data dipakai yakni analisis statistik nonparametrik akan metode Mann-Whitney U Test. Hasil uji hipotesis penelitian ini menunjukkan jika ada perbedaan hasil posttest dimana signifikan antar kelompok eksperimen serta kelompok kontrol sesudah pemberian pelatihan mindfulness akan nilai p=0,029 (p<0,05) dan mean rank kelompok eksperimen yakni 2,63 dan serta kelompok kontrol yakni 6,38. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelatihan mindfulness memiliki pengaruh utuk menurunkan stres dalam pembelajaran daring/online pada masa pandemi terhadap siswa kelas XI SMAN 1 Polewali. Penelitian ini bisa menjadi masukan bahwa pelatihan mindfulness dapat dijadikan pilihan untuk membantu siswa menurunkan stres yang dialami selama melaksanakan pembelajaran daring/online.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...