Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Vol 1, No 02 (2022): J-BKPI: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

Ana Fitriani (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Ratna Wulandari (Unismuh Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk pengetahui kemampuan mahasiswa dalam melakukan penyesuaian diri terhadap pembelajaran daring yang diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang dilakukan dengan metode survey diberikan kepada 48 responden. Adapun instrument yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah kuesioner penyesuaian diri dari Scheneider yang berbentuk skala likert dan terdiri dari 36 pernyatan. Hasil analisis data menggunakan chi-square menunjukkan p-value 0,001, hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara penyesuaian diri dengan efektifitas pembelajaran daring. Sebagian besar responden memiliki tingkat penyesuaian sedang terhadap pembelajaran daring, dan beberapa diantaranya sudah terbiasa dengan pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini juga mengindikasikan adanya kemampuan penyesuaian diri yang bervariasi pada mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan pula adanya inovasi dan variasi terhadap pembelajaran daring kedepannya agar mahasiswa tidak mudah mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran, sehingga materi yang diberikan dosen dapat tersampaikan secara optimal sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-BKPI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam adalah media publikasi ilmiah yang fokus menyebarluaskan hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam dan psikologi islam. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam ...