Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 1 No. 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENENTUKAN BARISAN DAN DERET MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEMBASED INSTRUCTIONSDI KELAS VIII-A SMP NEGERI 39 MEDAN

Lelawaty Lelawaty (SMP Negeri 39 Medan)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa dan minat siswa saat bekerja dikelas VIII-A SMP NEGERI 39 Medan pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkanmodel pembelajaran Problem Based Instructions. Model pembelajaran ini sangat tepat dalammengatasi permasalahan-permasalahan di atas dan dipertegas dengan argumen bahwamodel pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam mengkontruksi pengetahuannya sendirisehingga pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik, siswa dapat mengkomunikasikan danmendiskusikan pengetahuannya dengan temannya sehingga siswa saling membantu dansaling bertukar pikiran. Data hasil belajar belajar siswa menurut pengamatan pada Siklus 1antara lain 74,4. Data hasil belajar siswa menurut pengamatan pada Sikius 2 antara lain86,6. Dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instructions diperoleh hasilbelajar siswa dari Siklus 1 ke Siklus 2 berikutnya mengalami peningkatan. Pada siklus 1menunjukkan tuntas individunya sebanyak 16 orang dengan tuntas kelas sebesar 40 %. Padasiklus 2 menunjukkan tuntas individu 38 orang dengan tuntas kelas sebesar 95%. Hasilbelajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Formatif 1 dan Formatif 2menunjukkan 74,4 dan 86,6 dari data tersebut menunjukkan tuntas sesuai dengan KKMMatematika. Sikap konstruktif siswa terhadap pembelajaran Matematika melalui modelpembelajaraan Problem Based Instructions di kelas VIII-A SMP NEGERI 39 Medan masukkedalam kategori tinggi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...