cover
Contact Name
Hidayat
Contact Email
jp2mipa@gmail.com
Phone
+6281281189363
Journal Mail Official
jp2mipa@gmail.com
Editorial Address
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH Kampus Abdul Rahman Syihab Jl. Gari II No 52, Medan 20417
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
ISSN : 25029606     EISSN : 25029614     DOI : https://doi.org/10.32696/jp2mipa
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi. JP2MIPA diterbitkan pada bulan Juli dan Januari.
Articles 103 Documents
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STATISTIKA Dedy Juliandri
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 1 No. 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistika denganmenerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian pada tulisanini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Instrumen yang digunakanuntuk pengumpulan data adalah tes, observasi dan wawancara. Dari hasil pretest didapat hasilbelajar siswa dengan rata-rata 45,5 yang jauh dibawah nilai ketuntasan. Pada tes hasil belajarsiklus I diperoleh rata-rata 73,3 dengan tingkat ketuntasan klasikal 70%. Pada siklus II diperolehhasil belajar dengan rata-rata 88,4 dengan tingkat ketuntasan klasikal 87,5%. Dapat disimpulkanbahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)layak untuk diterapkan dalam prosespembelajaran statistika di SMA Harapan Medan.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP Mukhlish Novandi, Firmansyah
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 1 No. 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis sampai saat ini masih menjadi salah satu tujuanutama pada kurikulum pendidikan matematika di berbagai negara, termasuk di dalam kurikulumpendidikan 2013 yang sedang diberlakukan di Indonesia. Untuk mencapai hal itu, siswaseharusnya difasilitasi dengan seperangkat bahan ajar yang mendukung pengembangankemampuan tersebut. Salah satu komponen utama dalam kemampuan pemecahan masalah adalahkemampuan penalaran dan koneksi yang harus terlebih dahulu dimiliki siswa. Pada beberapa hasilpenelitian menemukan bahwa kemampuan penalaran terkait dengan aktivitas berfikir yang jikadikombinasikan dengan kemampuan koneksi matematis dapat menjadikan siswa mahir dalammemecahkan masalah yang dihadapi di kelas maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini,peneliti akan mengembangkan suatu bahan ajar yang memfasilitasi atau melatih kemampuantersebut. Pengembangan bahan ajar yang peneliti lakukan dengan menggunakan model 4-D, yaitu(1)tahap pendefinisian; (2)tahap perancangan; (3)tahap pengembangan; dan (4)tahappendiseminasian. Dari tahap pengembangan tersebut dihasilkan suatu bahan ajar berbasismasalah yang diharapkan dapat digunakan oleh guru secara rutin untuk melatihkan siswa tentangpemecahan masalah matematis.
PENINGKATAN DAYA SERAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN TEORI BELAJAR BERMAKNA DAVID AUSUBEL Hery Saputra
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 1 No. 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh teori belajar ausubel padapendidikan matematika, mengetahui tingkat daya serap siswa terhadap pendidikan matematika danmengetahui pengaruh teori belajar ausubel dengan tingkat daya serap siswa pada pokok bahasanpecahan. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SD Negeri 1 Sigli TahunPelajaran 2014/2015 yang terdiri dari beberapa kelas, sedangkan yang menjadi sampel padapenelitian ini adalah siswa kelas IV-A yang dijadikan sebagai kelompok kelas eksperimen (TeoriAusubel)yang terdiri dari 30 orang murid dan kelas IV-B dijadikan sebagai kelompok kelaskelompok kontrol (Teori Pembelajaran Konvensional)yang terdiri dari 28 orang murid. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil ujian siswa yang menggunakan teori belajarAusubel adalah sebesar 74,70. Nilai rata-rata kemampuan siswa yang menggunakan teori belajarkonvensional adalah sebesar 69,43. Daya serap siswa dengan penerapan teori belajar Ausubellebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Teori belajar ausubel mempunyaipengaruh yang signifikan terhadap daya serap siswa pada pembelajaran Pecahan di SD Negeri 1Sigli Tahun Pelajaran 2014/2015.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MAHASISWA BARU PRODI FARMASI 2015/2016 UMN AL-WASHLIYAH Ricky Andi Syahputra, Anny Sartika D, Ridwanto
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 1 No. 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbaikan kualitas input mahasiswa baru di Prodi Farmasi UMN Al Washliyah Medanmenjadi fokus utama dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yangpada akhirnya meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu perlu dilakukanstandarisasi kemampuan awal, yang berupa matrikulasi bagi mahasiswa baru yang dapatmenjadi dasar untuk pemahaman materi secara lebih lanjut. Matrikulasi memberikankesempatan kepada mahasiswa baru untuk memperbaiki kekurangan atau memahamikembali konsep-konsep dasar dalam bidang kimia umum, sehingga mahasiswa menjaditermotivasi untuk lebih giat belajar. Untuk mempercepat proses pemahaman, setiapmahasiswa program matrikulasi diberikan modul pembelajaran sebagai bahan bacaanatau sebagai sumber belajar. Dalam penelitian ini akan dilakukan upaya peningkatankemampuan kimia pada Prodi Farmasi UMN Al-Washliyah Medan. Penelitian ini dimulaidengan (a)pembuatan soal dan di validasi oleh validator ahli, (b)melakukanpretest terhadap mahasiswa baru untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa, (c)melakukan proses pembelajaran terhadap mahasiswa baru, (d)melakukan postestterhadap mahasiswa baru untuk mengetahui peningkatan kemampuan mahasiswa, (e)melakukan analisis terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperolehberdasarkan nilai pretes dan postes. Jumlah mahasiswa Prodi Farmasi T.A 2015/ 2016sejumlah 200 orang. Berdasarkan hasil pretes menunjukkan bahwa rendahnya hasilbelajar mahasiswa. Nilai dibawah 60 sebesar sebanyak 200 orang 100%. Setelahdilakukan penguatan melalui program matrikulasi nilai postes dibawah 60 menjadi 56orang (24%)sedangkan nilai 60 keatas sebanyak 152 orang (76%).
POTENSI KECENDERUNGAN CARA BELAJAR VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA Sujarwo, Sujarwo
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 1 No. 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar ilmukealaman dasar. Target luaran penelitian ini adalah publikasi artikel ilmiah diterbitkan dalamjumal ilmiah ber ISSN. Metode penelitian adalah eksperimen. Hasil hitung uji normalitas datamenunjukkan data berdistribusi normal sedangkan uji homogenitas menunjukkan data berasalvarians yang sama. Hasil analisis data menggunakan uji student (t)menunjukkan uji beda rata-rataantara hasil belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual di kelas IB dan hasil belajarmahasiswa yang memiliki gaya belajar visual kelas IA adalah 12,19 Hasil hitung analisis datamenyimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar mahasiswa.
PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI INTERAKSI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MIND MAPPING DAN MOTIVASI Dara Fitrah Dwi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 1 No. 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, interaksi antara model pembelajaran inquiry trainingmenggunakan mind mapping dan motivasi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas X SMAIT Al-Fityan School Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelasX 2 dan X . Instrumen penelitian ini menggunakan tes keterampilan proses sains dalam bentuk uraiandan tes motivasi dalam bentuk angket. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kemampuan keterampilan proses sains fisika siswa padakelompok motivasi diatas rata-rata lebih baik dibandingkan kemampuan keterampilan proses sainsfisika siswa pada kelompok motivasi di bawah rata-rata, dan Pada penelitian ini motivasi diatas rataratadominan meningkatkan keterampilan proses sains pada model Inquiry Training menggunakan mind mapping dari pada di pembelajaran konvensional.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENENTUKAN SUDUT DAN GARIS PERPOTONGAN MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DI KELAS VIII-F SMP NEGERI 39 MEDAN Daswati Sitinjak
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 1 No. 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang muncul di SMP Negeri 39 Medan, yaitusetelah guru melaksanakan pembelajaran Matematika pada materi Menentukan Sudut danGaris Perpotongan. Guru mengetahui bahwa hasil belajar masih rendah. Hal inimenunjukkan bahwa belum tercapai standar ketuntasan klasikal karena prosentaseketuntasan adalah sebesar 55%. Dalam proses pembelajaran keaktifan siswalah yangseharusnya ditingkatkan karena proses belajar bukanlah menyampaikan materi tapibagaimana siswa dapat memperoleh informasi dengan cara-cara mereka sendiri maupunbimbingan guru. Dengan menyadari berbagai kenyataan diatas maka sebagai seorang guruprofessional merasa perlu untuk memperbaiki pembelajaran, yaitu dengan mengadakanpenelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan meningkatkanpembelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII-F SMP Negeri39 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak duasiklus. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini bahwa penerapan metode demonstrasidapat meningkatkan ketuntasan individual siswa dan ketuntasan klasikal siswa. PenerapanMetode Diskusi Kelompok juga dapat membuat siswa lebih aktif. Siswa merespon positifterhadap pembelajaran yang menerapkan Metode Diskusi Kelompok. Metode DiskusiKelompok dapat meningkatkan Hasil Belajar Menentukan Sudut dan Garis Perpotongansiswa Kelas VIII-F SMP Negeri 39 Medan, yaitu nilai rata-rata kelas pada saat pre test 55;siklus 1: 70,63; siklus 2: 88. Strategi Belajar Aktif Metode Diskusi Kelompok dapatmenciptakan suasana pembelajaran yang efektif, dan siswa aktif bekerja sama, hal iniditunjukkan pada siklus 1: 70,63; siklus 2: 88.
MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL DI KELAS VII MTS NURHASANAH MEDAN T. A 2014/2015 Saiful Bahri
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 1 No. 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Nur Hasanah denganmenggunakan model Pembelajaran CTL T. A 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitiantindakan kelas yang dilakukan pada siklus I, II, dan III. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelasVII MTs Nur Hasanah sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakanadalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil penelitian tes siswa pada materi himpunan siklusI sebesar 93,33% dan secara klasikal sebanyak 28 orang siswa yang dinyatakan baik. Setelahdilakukan pada siklus II, hasil tes matematika siswa pada materi himpunan belum meningkatmenjadi sebesar 86,67% dan secara klasikal sebanyak 26 orang siswa yang dinyatakan kemampuanmatematikanya baik, dikatakan belum meningkat maka dilanjutkan ke siklus ke III. Pada tes hasilbelajar siklus III, jumlah ketuntasan belajar siswa mencapai 29 orang siswa (96,67%). Berdasarkanhasil temuan, penelitian selama 3 siklus dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada materi himpunan di kelas VII MTs Nur Hasanah Medan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENENTUKAN BARISAN DAN DERET MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEMBASED INSTRUCTIONSDI KELAS VIII-A SMP NEGERI 39 MEDAN Lelawaty Lelawaty
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 1 No. 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa dan minat siswa saat bekerja dikelas VIII-A SMP NEGERI 39 Medan pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkanmodel pembelajaran Problem Based Instructions. Model pembelajaran ini sangat tepat dalammengatasi permasalahan-permasalahan di atas dan dipertegas dengan argumen bahwamodel pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam mengkontruksi pengetahuannya sendirisehingga pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik, siswa dapat mengkomunikasikan danmendiskusikan pengetahuannya dengan temannya sehingga siswa saling membantu dansaling bertukar pikiran. Data hasil belajar belajar siswa menurut pengamatan pada Siklus 1antara lain 74,4. Data hasil belajar siswa menurut pengamatan pada Sikius 2 antara lain86,6. Dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instructions diperoleh hasilbelajar siswa dari Siklus 1 ke Siklus 2 berikutnya mengalami peningkatan. Pada siklus 1menunjukkan tuntas individunya sebanyak 16 orang dengan tuntas kelas sebesar 40 %. Padasiklus 2 menunjukkan tuntas individu 38 orang dengan tuntas kelas sebesar 95%. Hasilbelajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Formatif 1 dan Formatif 2menunjukkan 74,4 dan 86,6 dari data tersebut menunjukkan tuntas sesuai dengan KKMMatematika. Sikap konstruktif siswa terhadap pembelajaran Matematika melalui modelpembelajaraan Problem Based Instructions di kelas VIII-A SMP NEGERI 39 Medan masukkedalam kategori tinggi.
EFEKTIVITAS NANO KITOSAN DARI CANGKANG UDANG DAN NANO KITOSAN DARI CANGKANG BELANGKAS DALAM PROSES PENURUNAN KADAR LOGAM Hg Masdania Zurairah Siregar
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 1 No. 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian mengenai efektivitas nano kitosan dari cangkang udang dan nano kitosancangkang belangkas (Tachypleus Gigas) dalam proses penurunan kadar logam Hg telahdilakukan. Kitosan yang digunakan dibuat dengan memanfaatkan cangkang udang dancangkang belangkas melalui proses deproteinisasi dan demineralisasi. Kitosan yangdihasilkan digunakan sebagai adsorben untuk menurunkan kadar logam Hg. Analisis kadarlogam Hg dilakukan dengan menggunakan Induktif Plasma - Atomic Emission Spectrometer(ICP - AES), dimana diperoleh bahwa adsorben efektif digunakan pada waktu kontak 25menit dengan hasil penyerapan paling maksimal diantara variasi waktu kontak yang lain.Sedangkan kitosan dari cangkang udang hanya mampu menghasilkan penyerapan sebesar 34.46% dan kitosan belangkas 39.69%.

Page 1 of 11 | Total Record : 103