Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Vol. 7 No. 2 (2023): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA

Pengembangan Media Digital Scrapbook pada Pembelajaran Matematika Bangun Datar Berbasis Kontekstual di Kelas IV SD

Elsa Yulanda (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Umar Darwis (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi media pembelajaran scrapbook digital dalam pembelajaran matematika bangun datar berbasis konteks untuk anak kelas IV SD yang berdampak pada peningkatan minat belajar anak untuk menerima pembelajaran. Menggunakan paradigma ADDIE yang terdiri dari 5 langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi bentuk penelitian ini tergolong Research and Development (R&D). Kuesioner dan lembar validasi digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif digunakan. Persentase sebesar 87,272% diperoleh dengan kriteria “Sangat Valid” berdasarkan hasil penilaian validasi ahli materi. Proporsi 95% dengan kriteria “Sangat Valid” ditemukan pada hasil evaluasi validasi profesional desain. Lima tanggapan pada kuesioner guru adalah "ya", sementara tidak ada yang menjawab "tidak". Menurut survei respon siswa, “ya” mendapat 105 respon, sedangkan “tidak” hanya mendapat tiga. Oleh karena itu, penggunaan scrapbook digital sebagai alat pembelajaran dalam pembelajaran matematika sekolah dasar kelas empat dianggap sangat valid dan praktis. Hal ini dimaksudkan agar siswa lebih termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan alat digital scrapbooking.Kontekstual, Digital Scrapbook,

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP2MIPA

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, ...