Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan gambaran penggunaan media benda konkret berupa jam tiruan guna meningkatkan keberhasilan pada pembelajaran matematika materi membaca jam terhadap siswa kelas I SDN Gunungsari 1 Surabaya. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) bersama dengan guru SDN Gunungsari I Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, serta dokumentasi. Sasaran penelitian merupakan siswa kelas I SDN Gunungsari I Surabaya yang berjumlah 31 siswa. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media jam tiruan. Hal tersebut telah dibuktikan dari keberhasilan siswa dalam belajar pada siklus I sebesar 67,7% mengalami kenaikan di siklus II sebesar 87%. Terjadi peningkatan kemampuanĀ guru serta aktivitas siswa dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran.
Copyrights © 2023