Penelitian ini dilatar belakangi pada kemampuan berhitung khususnya pada perkalian siswa kelas II SDN Airlangga 1/198 Surabaya masih sangat kurang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan permainan tradisional congklak pada siswa kelas II dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berhitung perkalian menggunakan media permainan tradisional congklak pada siswa kelas II. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Airlangga 1/198 Surabaya sebanyak 27 orang. Data awal yang diperoleh sebelum tindakan yaitu nilai ketuntasan klasikal hanya mencapai 47,62%. Dengan memanfaatkan media permainan tradisional congklak dalam proses pembelajaran matematika, ternyata dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 62,96% sedangkan pada siklus 2 ketuntasan klasikan sebesar 77,78%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan selama pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2 setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media pada siswa kelas II SDN Airlangga 1/198 Surabaya, bahwa pemanfaatan media permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitungĀ perkalian dapat meningkatkan kemampuan siswa.
Copyrights © 2023