Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas 1 SDN Gunungsari I/484 Surabaya, khususnya dalam materi pengurangan bilangan dua angka, dengan menggunakan media papan pengurangan. Penelitian ini berjenis PTK kolaboratif yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan bersamaan dengan pengamatan, dan refleksi. Melalui tindakan perbaikan yang dilakukan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan pada tahap pra siklus sebesar 37,9%, meningkat sebesar 22,8% pada siklus 1 menjadi 60,7%, dan meningkat lagi sebesar 32,4% pada siklus ke-2 hingga mencapai ketuntasan belajar sebesar 93,1%. Dengan demikian, penggunaan media papan pengurangan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi tersebut.
Copyrights © 2023