Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 9, No 1 (2023): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Hubungan motivasi terhadap hasil belajar sejarah siswa di sekolah menengah atas

Ardian Rafi (Universitas Negeri Jakarta)
Umasih Umasih (Universitas Negeri Jakarta)
Abrar Abrar (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan motivasi terhadap hasil belajar sejarah di SMAN 78 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik surveri melalui penyebaran kuisioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 395. Dengan sample 198 peserta didik yang diperoleh menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi terhadap hasil belajar sejarah dimana dari hasil analisis hubungan antara motivasi terhadap nilai didapatkan 35 (44,9%) siswa dengan motivasi tinggi memiliki nilai tidak tuntas dan 73  siswa (70,2%) dengan motivasi sedang memiliki nilai tidak tuntas. Hasil uji statistik diperoleh nilai p value 0,00 (<0,05), maka dapat disimpulkan terdapat hubungan signifikan antara tingkat motivasi dan hasil belajar sejarah. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...