JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Siklus Air Melalui Model Pembelajaran TGT Siswa Kelas V SDN IV Ploso

Dadang Surya Prasetya (Universitas PGRI Madiun)
Wahyuni (Universitas PGRI Madiun)
Ellys Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research), karena penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian diskriptif sebab, mengambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan seperti apa hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 4 Ploso setelah penerapan model TGT (Teams Games Tournament). Berdasarkan data hasil penerapan model pembelajaran TGT di kelas V SD Negeri 4 Ploso pada materi tematik tema 8 ‘siklus air’ disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ini terbukti dari peningkatan rata – rata hasil pembelajaran pada siklus I sebesar 74,72 dan pada siklus II sebesar 80,54. Ketuntasan pada siklus I sebesar 45,46 % meningkat pada siklus II sebesar 81,81 %.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...