Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 2, No 3 (2022): Desember 2022

Peningkatan Disiplin Presensi Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa

Muhammad Iqbal (Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Presensi adalah sebuah rutinitas administrasi yang dilaksanakan setiap hari di sekolah setiap jam masuk pelajaran hingga jam terakhir pelajaran mulai hari senin sampai hari sabtu yang semuanya terekam dalam lembaran-lembaran yang di paraf oleh guru yang mengajar pada jam tersebut. Masalah disiplin selalu aktual untuk di bicarakan karena menyangkut tindakan yang menyimpang dari prinsip yang terkandung di dalamnya, pada umumnya di sekolah masalah disiplin di kaitkan dengan kewajiban yang harus di taati oleh siswa selama mengikuti aktivitas di sekolah, salah satu kewajiban yang harus di patuhi dan di taati adalah hadir setiap hari kesekolah. Presensi merupakan instrumen atau alat yang cukup efektif untuk melihat tingkat kedisiplinan siswa selama proses belajar di sekolah, Penggunaan layanan bimbingan kelompok memberikan tempat dan peluang kepada siswa untuk melakukan diskusi dan memberikan pendapat terkait masalah yang mereka hadapi dengan rasa aman dan nyaman, Layanan bimbingan kelompok dapat di gunakan oleh guru pembimbing untuk memberdayakan kemampuan kelompok dalam mencari alternatif solusi atas persoalan individu dan kelompoknya. Penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin siswa dalam presensi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...