Setia Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2020): Vol.1, No. 2, Desember 2020

ADVOKASI MODEL PEMANFAATAN E-COMMERCE UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING UMKM

Abdul Rahman (Politeknik STIA LAN Bandung)
Andhika Bergi Nugroho (Politeknik STIA LAN Bandung)
Susi Susanti Tindaon (Politeknik STIA LAN Bandung)
Reni Wijayanti (Politeknik STIA LAN Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Pemasaran produk secara elektronik (e-commerce) menjadi salah satu model pemasaran yang dibutuhkan oleh dunia usaha dalam meningkatkan daya saing. Prodi Administrasi Bisnis Sektor Publik sebagai program studi di bawah Politeknik STIA LAN Bandung telah melakukan kegiatan tridharma perguruan tinggi melalui studi terkait pemanfaatan e-commerce untuk UMKM di Kabupaten Garut. Hasilnya penggunaan e-commerce telah memberikan dampak positif kepada peningkatan daya saing UMKM. Rancangan model pemanfaatan e-commerce kemudian disosialisakan kepada UMKM yang belum menggunakan atau memanfaatkan e-commerce dalam memasarkan produknya melalui kegiatan advokasi pemanfaatan e-commerce. Hasilnya, para UMKM memberikan respon positif dan menyatakan komitmennya untuk mengimplementasikan penggunaan e-commerce untuk memasarkan produk mereka saat ini. Kegiatan ini merekomendasikan adanya aktivitas lanjutan berupa workshop untuk membimbing mereka dalam proses registrasi dan proses pemanfaatan secara berkelanjutan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

stiamengabdi

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences Other

Description

Setia Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai media ilmiah yang merupakan wadah pengembangan untuk hasil-hasil penelitian yang diimplementasikan pada kegiatan pengabdian masyarakat dan mempublikasikan hasil-hasil kegiatan pengabdian berupa advokasi, workshop, bimbingan teknis dan ...