Permasalahan di Sekolah Dasar Laboratorium universitas Negeri Gorontalo belum adanya media pembelajaran berbasis permainan yang efektif dan efisien dalam rangka pencapaian tujuan mengembangkan Profil Pelajar Pancasila pada siswa, untuk mendapatkan new experience yang berdampak pada perubahan pengetahuan, efektif, dan keterampilan baik berupa ekspresi/katarsis, pengalaman emosional yang korektif, insight pengalaman baru, memperkuat hubungan interpersonal, dan mampu memecahkan masalah bersama. Tujuan penelitian untuk (1) mengembangkan panduan permainan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila pada siswa sekolah dasar, dan (2) menguji efektivitas panduan permainan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) Design menghasilkan produk media pembelajaran dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian telah tersusunnya (1) panduan umum permainan, (2) panduan materi permainan, dan (3) panduan evaluasi permainan, melalui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran menggunakan instructional design ADDIE approach. Penggunaan panduan permainan dapat digunakan dalam rangka pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan Profil Pelajar Pancasila, maupun ekstrakurikuler. Kata Kunci: Pengembangan Permainan, Profil Pelajar Pancasila, Media Pembelajaran
Copyrights © 2023