JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 7, No 3 (2022): Agustus, Pendidikan dan Pembelajaran Sejarah

Penerapan Model Pembelajaran Pictorial Riddle pada Pembelajaran Sejarah MAN 2 Banda Aceh,Tahun Ajaran 2021/2022

*Fitri Mutia (Universitas Syiah Kuala)
Husaini Ibrahim (Universitas Syiah Kuala)
Teuku Kusnafizal (USK)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran pictorial riddle pada mata pelajaran sejarah. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 27 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil (1) model pictorial riddle dapat di terapkan pada mata pelajaran sejarah dan memperoleh hasil sebesar 77% yang mana berada pada kategori baik. (2) Respon siswa terhadap model pembelajaran pictorial riddle baik dibuktikan dengan persentase respon siswa pada lembar angket yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 85% berada pada kriteria baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...