Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi harga dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing usaha sayuran hidroponik di kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner. Responden dalam penelitian ini adalah pelaku usaha sayuran hidroponik di kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Penetapan harga penjualan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing. (2) Keuntungan yang diharapkan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing. (3) Inovasi produk memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keunggulan bersaing. (4) Penetapan harga penjualan, keuntungan yang diharapkan, dan inovasi produk memiliki pengaruh secara simultan terhadap keunggulan bersaing.
Copyrights © 2023