Jurnal Lensa Pendas
Vol 8 No 2 (2023): September

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Domino Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen pada Materi Pecahan Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 1 Awirarangan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan)

Siti Minatul Maula (Unknown)
Arrofa Acesta (Unknown)
Febby Fajar Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yang menggunakan kartu domino dengan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan papan kartu pecahan, serta untuk membandingkan perolehan hasil belajar siswa (Gain) pada kelas yang menggunakan kartu domino dengan hasil belajar siswa di kelas. kelas menggunakan papan kartu. Dengan subjek penelitian di SDN 1 Awirarangan dengan sampel 26 siswa kelas kontrol dan 24 siswa kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa desain penelitian Quasi Eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Peniliaian tingkat pengetahuan hasil belajar siswa didapatkan melalui uji pretest dan posttest yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penggunaan media kartu Domino. Hasil yang didapatkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran kartu domino. Metode ini membutuhkan waktu yang cukup dan menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna dan kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika yang menggunakan kartu domino dengan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan papan kartu pecahan, serta untuk membandingkan perolehan hasil belajar siswa (Gain) pada kelas yang menggunakan kartu domino dengan hasil belajar siswa di kelas. kelas menggunakan papan kartu. Dengan subjek penelitian di SDN 1 Awirarangan dengan sampel 26 siswa kelas kontrol dan 24 siswa kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa desain penelitian Quasi Eksperimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Peniliaian tingkat pengetahuan hasil belajar siswa didapatkan melalui uji pretest dan posttest yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penggunaan media kartu Domino. Hasil yang didapatkan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran kartu domino. Metode ini membutuhkan waktu yang cukup dan menjadikan proses pembelajaran lebih bermakna dan kreatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...