Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 3 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD

Nining Aulia Idris (Universitas Negeri Padang)
Zuryanty Zuryanty (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Fakta bahwa hasil belajar siswa yang masih rendah menjadi landasan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL di kelas V SD. Penelitian menggunakan metodologi kualitatif dan kuantitatif. Ada dua siklus penelitian ini. Dengan jumlah siswa 33 orang, guru dan siswa kelas V dijadikan sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data observasi, tes dan nontes. Perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa merupakan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) perencana siklus I 86,46% dan siklus II 91,66% b) Pelaksanaan guru siklus I 85,71% dan siklus II 92,85%, sedangkan bagian siswa siklus I 80,35% dan siklus II 92,85%, c) Evaluasi hasil belajar pada siklus pertama dengan pengetahuan 76,13 dan keterampilan 82,86, pada siklus II menjadi 84,60 pengetahuan dan 86,26 keterampilan. Dapat disimpulkan bahwa model PBL berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...