Pelayanan publik merupakan sebuah aktivitas pelayanan yang dijalankan lembaga pemerintah sebagai upaya pertolongan agar warga dapat lebih mudah mencapai keinginanya. Pada Kabupaten Banjar memiliki 20 kecamatan dengan 227 Desa, penyebaran penduduk diklasifikasikan jarang, serta terdapat beberapa wilayah dengan jarak yang cukup jauh dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar serta harus melewati wilayah lainnya. Inovasi Jempol Pelanduk, bertujuan agar masyarakat dapat merasakan kehadiran pelayanan publik yang baik meskipun berada di luar kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait Efektivitas Program Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) di Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Hasil Penelitian dirasa program sudah sangat efektif dengan memenuhi input, proses, output dan outcome. Dindukcapil sudah mempersiapkan fasilitas peralatan di mobil pelanduk, melakukan sosialisasi ke desa dengan Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan (Jempol Pelanduk) dilakukan dengan baik, output Jempol Pelanduk sudah tercapai serta outcome Jempol Pelanduk, berdampak manfaat pada data dokumen kependudukan. Walaupun pada praktiknya dilapangan terdapat faktor penghambat dalam efektivitas.
Copyrights © 2023